5 Tips Menggoreng Kacang Mete
5 Tips Menggoreng Kacang Mete

Menggoreng kacang mete memang perlu kesabaran. Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dari sekian banyak jenis kacang, kacang mete adalah salah satu kacang favorit untuk camilan. Nggak hanya untuk camilan, kacang mete ini juga banyak digunakan untuk campuran kue seperti kue kacang .

Dibanding dengan jenis kacang yang lain, kacang mete ini termasuk mempunyai harga yang cukup mahal. Sehingga banyak orang yang memilih membeli kacang mete mentah dan digoreng sendiri di rumah.

Menggoreng kacang mete ini termasuk nggak begitu mudah. Agar kacang mete nggak mudah gosong atau terasa pahit, berikut ini beberapa tips menggoreng kacang mete.

1. Rendam dalam air panas

Agar kacang mete nggak terasa pahit, kacang harus direndam dulu dalam air panas. Kita bisa merendam kacang mete dalam air panas dan tambahkan sedikit garam.

Diamkan kacang mete selama tiga sampai lima menit kemudian tiriskan. Proses perendaman ini membantu menghilangkan getah pada kacang mete sehingga nanti rasanya nggak pahit atau atau getir.

2. Rendam dalam bumbu

Setelah direndam, kacang mete bisa direndam dalam bumbu. Bumbu yang paling sederhana adalah bawang putih dan garam. Haluskan bawang putih dan garam, kemudian beri air secukupnya dan rendam kacang mete.

Rendam kacang mete dalam bumbu ini selama kurang lebih 30 menit. Namun bila ingin kacang mete yang mempunyai rasa manis original, kita nggak perlu merendam kacang mete dalam bumbu. Bila kacang mete akan digunakan untuk campuran kue kering, sebaiknya kacang mete jangan direndam dalam bumbu bawang putih.

3. Taburi dengan tepung terigu

Kacang mete yang sudah berbumbu tersebut bisa ditaburi dengan tepung terigu sebelum digoreng. Tepung terigu ini memberikan rasa renyah dan sensasi kriuk pada kacang mete. Kita bisa menggunakan wadah dengan tutup yang rapat. Kemudian masukkan kacang mete dan taburi dengan tepung terigu. Tutup wadah dan kocok-kocok sebentar. Dengan cara ini kacang mete akan mempunyai lapisan tepung terigu tipis.

4. Goreng dengan metode deep frying

Menggoreng kacang mete harus menggunakan minyak yang banyak hingga kacang terendam dengan baik. Dalam sekali menggoreng jangan terlalu banyak menambahkan kacang karena dikhawatirkan kacang tidak matang secara merata. Selama proses menggoreng usahakan untuk terus mengaduk kacang secara perlahan agar kacang bisa matang secara merata.

5. Gunakan api kecil

Menggoreng kacang mete harus menggunakan api yang kecil. Kacang mete termasuk kacang yang mudah gosong ketika digoreng sehingga harus menggunakan api yang kecil. Api besar akan membuat kacang mete mudah gosong namun bagian dalamnya masih mentah. Nggak perlu lama menggoreng kacang mete, cukup goreng kacang hingga berwarna kuning keemasan. Nantinya setelah kacang diangkat proses pematangan masih berlanjut sehingga bila kacang digoreng terlalu matang kacang mete malah akan menjadi terlalu gosong.

Endeustorial

Ikuti Instagram