Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Pedasnya makanan asia tak lepas dari peran cabai. Uniknya banyak saus atau sambal khas negara asia yang mulai mendunia seperti dibawah ini.

Makanan dengan rasa pedas memang lebih menggugah selera. Di Asia hampir setiap makanan menggunakan cabai, dalam bentuk segar seperti sambal maupun saus. Beberapa digunakan untuk campuran dasar masakan seperti marinasi atau tumisan. Ada juga yang sengaja dibuat untuk pendamping langsung hidangan. Berikut ini beberapa jenis sambal di Asia yang bisa membakar lidah ENDEUSiast.

1/ Gochujang

Di Korea Selatan, gochujang adalah sejenis sambal yang digunakan sebagai bumbu makanan sehari-hari. Gochujang ini dibuat dari campuran bubuk cabai, tepung ketan, tepung kedelai, dan bahan-bahan yang lain. Kemudian saus ini difermentasi untuk beberapa waktu agar rasanya semakin lezat. Sambal ala Korea ini tidak dikonsumsi begitu saja seperti sambal di Indonesia namun dicampur dengan bahan lain atau dicampurkan ke dalam masakan.

2/ Nam Prik

Nam prik adalah sambal pedas yang berasal dari Thailand. Saus yang satu ini juga disebut dengan chili water yang dibuat dari bawang merah, bawang putih, cabai dan jeruk nipis. Selain itu, nam prik juga bisa dicampur dengan pasta udang atau kecap ikan agar rasanya semakin lezat. Semua bahan ini ditumbuk kasar sehingga ketika dimakan sensasi pedasnya terasa.

3/ Sriracha

Masih dari Thailand, ada salah satu saus yang terkenal di dunia yaitu sriracha. Saus yang satu ini dibuat dari cabai, bawang putih, gula, garam, dan cuka. Semua bahan ini dihaluskan hingga benar-benar halus dan dimasak hingga kental. Kalau dilihat sekilas sriracha ini mirip dengan saus sambal di Indonesia. Sriracha biasanya digunakan untuk campuran sup ataupun saus cocol.

4/ Sichuan Chilli

Di Cina, ada salah satu jenis saus yang terkena hingga ke dunia. Sichuan chili pepper atau disebut juga dengan doubanjiang adalah salah satu sambal pedas di Cina. Sambal yang satu ini dibuat dari kacang, cabai, dan merica Sichuan yang difermentasikan. Selain Sichuan chili paste, minyak cabai juga banyak dikonsumsi di Cina. Minyak cabai atau chili oil dibuat dari campuran bubuk cabai dan merica Sichuan yang disiram dengan minyak panas. Saus yang satu ini biasanya dicampur langsung dengan makanan seperti sambal di Indonesia.

5/ Kolhapuri Techa

Kolhapuri Techa hampir mirip dengan sambal ulek, terbuat dari cabai kering yang direndam hingga lunak. Dihaluskan bersama bawang putih dan kacang tanah hingga halus seperti sambel ulek. Bedanya pasti sentuhan rempah khas India yakni Asafetida. Asafetida adalah rempah yang diambil dari getah akar atau rimpang tanaman dengan nama yang sama. Selain itu, setelah diulek ditumis bersama biji mustard. Rasanya sangat pedas dan membuat ketagihan. Di India biasanya dijadikan pendamping untuk nasi, dal, dosa (pancake), atau roti khas negeri Bollywood.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.