Menyebut Thailand sudah pasti identik dengan Tom Yum dan Kari. Berikut ini beberapa masakan khas Thailand Selatan yang tak kalah lezat dari tom yum.

Masakan Thailand yang paling terkenal adalah tom yum dan kari. Padahal ada banyak masakan Thailand lain yang juga sama lezat meskipun tidak seterkenal tom yum atau kari. Salah satu ciri khas masakan di Thailand Selatan adalah rasanya yang pedas dengan campuran herbal, rempah, dan juga santan. Berikut ini adalah beberapa masakan khas Thailand Selatan yang tidak kalah lezat dari tom yum.

1/ Gaeng som pla

Gaeng som pla adalah salah satu masakan Thailand Selatan yang banyak disukai. Di Bangkok, masakan yang satu ini disebut Gaeng leung yang berarti kari asam. Masakan yang satu ini dibuat dengan bumbu dan rempah seperti pasta kari, kunyit, dan sebagainya sehingga warnanya kuning. Kalau di Indonesia, gaeng som pla ini hampir mirip dengan gulai namun di Thailand, masakan ini terbuat dari pepaya, rebung, dan nanas.

2/ Kua kling

Kue kling adalah masakan khas Thailand Selatan yang juga banyak digemari. Masakan yang satu ini terbuat dari daging kambing, sapi, ayam, dan juga sapi. Kalau di Indonesia, masakan yang satu ini hampir mirip dengan rendang karena dimasak hingga kering.

Daging kemudian dibumbui dengan bawang putih, daun jeruk, serai, pasta cabe, dan cabai. Masakan ini mempunyai citarasa pedas dan gurih yang nagih.

3/ Tom som pla krabok

Salah satu masakan Thailand Selatan yang juga banyak disukai adalah tom som pla krabok. Masakan yang satu ini adalah sejenis sup ikan. Berbeda dengan gaeng som pla yang mempunyai kuah merah pedas, tom som pla krabok ini berwarna kuning kehijauan. Sup ikan ini mempunyai rasa yang asam dan segar karena menggunakan asam, jahe, dan kunyit. Rasanya yang segar sangat cocok bila dipadukan dengan ikan dan meminimalisir bau amis pada ikan.

4/ Gaeng sataw

Sataw adalah salah satu makanan yang juga ada di Indonesia. Sataw dalam bahasa Thailand berarti petai. Sama halnya dengan di Indonesia, makanan yang satu ini juga menjadi salah satu favorit di Thailand. Gaeng sataw adalah sejenis kari dengan bahan utama udang atau daging dengan kuah yang tidak terlalu banyak. Masakan ini kemudian ditambahkan petai agar rasanya lebih lezat.

5/ Khao yam

Sama halnya dengan di Indonesia, makanan utamanya adalah nasi. Khao yam adalah salah satu masakan Thailand Selatan yang berbahan dasar nasi. Masakan ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa, sayuran, dan juga ebi bersama bumbu-bumbu yang lain. Bumbu yang digunakan untuk khao yam adalah kunyit, pennywort, serai, serta daun jeruk dan disajikan dengan saos ikan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.