Kopi tubruk adalah salah satu sajian kopi tradisional Indonesia yang populer. Berikut ini cara membuat kopi tubruk khas Indonesia.

Meskipun sudah banyak sajian kopi yang modern, namun pesona kopi tubruk tetap tidak tergantikan. Sajian kopi yang satu ini tetap digemari dan menjadi salah satu sajian kopi yang populer di Indonesia. Dibanding dengan jenis sajian lain, kopi tubruk termasuk yang paling mudah dibuat dan tidak memerlukan alat-alat khusus. Inti dari kopi tubruk adalah kopi yang direndam dengan air, ditambah gula bila suka, dan langsung siap diminum. Agar kopi tubruk berasa lebih sedap, berikut ini beberapa cara membuat kopi tubruk yang pas.

1/ Pilih Jenis Kopi

Sebenarnya tidak ada batasan untuk jenis kopi yang digunakan untuk kopi tubruk. ENDEUSiast bisa menggunakan semua jenis kopi namun utamanya gunakan biji kopi pilihan yang baru saja disangrai. Jangan gunakan kopi yang sudah disangrai lebih dari 2 bulan karena aromanya sudah kurang sedap. Sebagian besar orang menggiling kopi dalam jumlah banyak untuk disimpan selama beberapa waktu. Namun cara ini bisa menghilangkan aroma kopi. Sebaiknya giling kopi ketika hendak diseduh saja. Ketika menggiling kopi usahakan bila kopi tidak terlalu halus ataupun terlalu kasar.

2/ Alat

Membuat kopi tubruk tidak memerlukan alat seduh yang rumit. ENDEUSiast bisa menggiling kopi dengan alat giling manual atau elektronik. Untuk menyeduh kopi tubruk ENDEUSiast bisa menggunakan alat-alat yang ada di rumah seperti teko, panci, dan sendok.

3/ Rasio Air dan Kopi

Salah satu kunci kelezatan kopi terletak pada rasio air dan kopi. Setiap jenis kopi mempunyai rasio air yang berbeda. Setiap orang mempunyai rasio air yang berbeda sesuai dengan selera masing-masing. Kalau ENDEUSiast suka kopi kental, rasio air bisa dikurangi. Sedangkan untuk kopi yang encer, ENDEUSiast bisa menambah rasio air. Setiap jenis kopi, kental dan encer, mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Untuk membuat kopi dengan kekentalan sedang, ENDEUSiast bisa menggunakan rasio 1:15 untuk kopi dan air. Misalnya ENDEUSiast menggunakan 20 g kopi, ENDEUSiast bisa menggunakan 300 ml air.

4/ Suhu Air

Selain rasio air, suhu air juga menentukan kelezatan kopi. Kopi yang diseduh dengan air yang kurang panas akan menghasilkan rasa yang datar. Sedangkan air yang terlalu panas membuat rasa dan kualitas kopi menjadi rusak. Suhu air yang ideal untuk menyeduh kopi adalah 90-96 derajat Celsius.

5/ Waktu Penyeduhan

Waktu penyeduhan juga menjadi salah satu faktor penentu rasa kopi. Kopi membutuhkan sekitar 4 menit penyeduhan, kemudian tunggu sekitar 3-5 menit tanpa diaduk agar kopi bisa benar-benar larut dengan air. Bila ingin rasa kopi yang lebih kuat, ENDEUSiast bisa mengaduk kopi lebih lama.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.