Kopi adalah salah satu komoditi Indonesia yang juga terkenal di mancanegara. Berikut daftarnya.

Selain rempah-rempah, kopi adalah salah satu komoditi yang banyak dicari oleh konsumen dunia. Sudah bukan rahasia bila kopi dari Indonesia mempunyai rasa yang lezat dan berbeda dengan jenis kopi dari Negara lain. Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan produksi tahunan hingga 600 ribu ton. Dari 600 ribu ton produksi kopi, ada beberapa yang menjadi favorit di Negara lain. Berikut daftarnya.

1/ Kopi Luwak

Kopi luwak adalah salah satu kopi yang paling populer diantara kopi jenis lain di Indonesia. Kopi ini sudah ada sejak abad ke-18 ketika Belanda mendirikan perkebunan kopi di Jawa dan Sumatra. Karena orang pribumi tidak mampu mendapatkan biji kopi kualitas yang bagus, mereka mengolah biji kopi dari kotoran luwak. Namun siapa sangka bila kopi luwak menjadi salah satu kopi populer dan dijual dengan harga mahal. Harga kopi ini bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan Belanda.

2/ Kopi Lanang

Dalam bahasa Jawa, lanang artinya laki-laki. Kopi lanang adalah kopi yang dipercaya bisa menambah vitalitas pria. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur. Salah satu hal berbeda dari kopi lanang adalah mengandung kafein yang tinggi sehingga membuat penikmatnya merasa lebih segar. Selain itu, kopi lanang ini juga dikenali dari bentuk bijinya yang bulat.

3/ Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali adalah salah satu kopi yang mempunyai citarasa yang unik. Kopi jenis ini mempunyai citarasa asam dan segar yang berasal dari buah-buahan. Hal ini karena kopi kintamani ditanam dengan sistem tumpang sari dengan buah-buahan dan sayuran. Karena penanaman yang seperti ini, kopi Kintamani mempunyai rasa yang lembut dan aromanya segar. Siapa sangka bila kopi Kintamani ini sudah diekspor hingga ke Jepang.

4/ Kopi Gayo

Seperti namanya, kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari Gayo, Aceh. Kopi ini sudah dikembangakn sejak tahun 1908 dan terkenal dengan aroma yang berbeda. Bila diuji rasa, kopi Gayo ini mempunyai cita rasa hampir semua kopi di dunia. Kopi Gayo ini juga dinobatkan menjadi salah satu kopi terbaik dunia dan sudah diekspor hingga ke Eropa dan Amerika.

5/ Kopi Jawa

Salah satu kopi yang juga terkenal di seluruh dunia adalah kopi Jawa atau Java coffee. Kopi ini termasuk dalam jenis kopi Arabika dan sudah ada sejak zaman ke-17. Kopi Jawa sendiri terdiri dari banyak jenis tergantung dengan daerahnya. Salah satu yang populer adalah kopi Jawa Ijen Raung dengan rasa yang cenderung asam dan mempunyai aroma yang harum.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.