Kopi nusantara terkenal karena ragam jenis dengan cita rasa khas. Simak jenis kopi nusantara terbaik berikut yang enak dinikmati di hari kemerdekaan!

Meminum kopi sudah menjadi budaya di Indonesia, bahkan Soekarno sang proklamator tidak bisa lepas dari ketergantungannya terhadap kopi. Kopi Indonesia terkenal karena racikan khas dan ragam jenisnya yang berbeda tiap daerah sehingga melahirkan cita rasa yang khas.

Menyambut hari kemerdekaan, kenali beberapa jenis kopi nusantara terbaik yang enak dinikmati yuk!

1/ Kopi Sumatera Mandheling

Sumatera memiliki reputasi sangat bagus sebagai penghasil kopi. Salah satu yang paling terkenal negeri Kopi Sumatra Mandheling.

Menurut pakar, Kopi ini memiliki cita rasa kompleks dan berat dibandingkan kopi lain di dunia. Ia bahkan dikarakterkan sebagai kopi yang bersahaja dan intens. Kopi ini bertekstur halus dan berbau cokelat. Aftertaste yang dihasilkan adalah bersih dan lembut. Ini juga penyebab kopi Sumatera Mandheling menjadi salah satu kopi paling laris.

2/ Kopi Aceh Gayo

Siapa yang tidak kenal Kopi Aceh Gayo?

Kopi yang lebih tenar dengan nama Kopi Gayo ini merupakan jenis kopi berat yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun diekspor ke luar negeri.

Aroma kopi Gayo Sumatera yang eksotis dan bersahaja seolah menarik perhatian siapapun orang di sekitarnya. Ia juga rendah keasaman dan kaya akan rasa. Sama seperti Kopi Sumatra Mandheling, aftertaste yang dihasilkan bersih dan lembut.

3/ Kopi Bali Blue Moon Kintamani

Ada alasan mengapa kopi Bali Blue Moon secara konsisten menjadi salah satu produk Fresh Roasted Coffee terlaris, yaitu kualitas.

Ia mengandung serangkaian rasa kompleks buah-buahan yang asam dan segar. Ini terjadi karena kopi ditanam secara tumpang sari yaitu bersamaan dengan tanaman lain seperti sayuran dan buah jeruk.

Berbeda dengan kedua kopi sebelumnya, rempah-rempah menempel dalam bentuk lapisan halus membuat cita rasa yang lembut dan tidak berat.

4/ Kopi Toraja

Kopi Toraja sering disamakan dengan Kopi Sumatra, namun ia memiliki bentuk biji yang lebih kecil dan kulit bijinya lebih mengkilap dan licin.

Jenis kopi ini menawarkan cita rasa yang beragam termasuk buah matang, cokelat hitam, dan kayu manis. Seperti khas dari banyak kopi Indonesia, keasaman Kopi Toraja sangat rendah. Semua ini dibungkus bersama dalam aroma earthy yang khas dan diakhiri dengan sedikit rempah dan cokelat. Jika perut ENDEUSiast lemah terhadap asam, cobalah yang ini!

5/ Kopi Jawa Taman Dadar

Kopi ini termasuk kopi baru di kalangan pecinta kopi. Sifat Kopi Jawa Taman Dadar yang ringan membuat kopi ini nikmat untuk para pemula karena karakternya memang tidak seberat kopi-kopi sebelumnya.

Proses untuk menghasilkan kopi ini pun unik yaitu dengan giling basah, ini juga yang menjadikan cita rasanya tidak terlalu kuat namun tetap berbau rempah yang tipis. Penasaran?

Setelah melihat daftar di atas dan mumpung sebentar lagi kemerdekaan, untuk mengisinya ENDEUSiast mau mencoba kopi yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.