Mau masak ikan tapi bosan yang itu-itu saja? Ingin cari alternatif lain? Ikan-ikan ini bisa jadi jawabannya.

Ikan adalah bahan utama masakan yang umum digunakan sehari-hari dan bisa dikreasikan sesuai yang diinginkan. Memasak ikan juga bisa jadi pilihan saat kumpul keluarga seperti di hari kemerdekaan yang sudah dekat ini.

Ada banyak jenis ikan di Indonesia khususnya ikan air tawar, tapi hanya beberapa yang sering digunakan untuk masak. Kalau mau yang berbeda, berikut daftar ikan yang bisa ENDEUSiast coba!

1/ Ikan Sidat

Jangan salah mengenali ikan sidat dan ikan belut. Meskipun mirip, keduanya berbeda. Ikan sidat memiliki bentuk layaknya ular dan bentuk ekor serta kepala yang cenderung pipih dan melebar dibanding ikan belut. Kandungan gizi ikan ini tak kalah dari salmon.

Tapi, ikan sidat cukup sulit ditemukan karena ia aktif pada malam hari, ini juga yang membuat harganya mahal. Daging ikan sidat akan terasa lezat bila dimasak dengan cara yang tepat. ENDEUSiast bisa mencoba mengolahnya dengan kuah kuning sebagai pilihan.

2/ Ikan belut

Saudara ikan sidat ini sering ditemukan di sawah, memancingnya pun harus menggunakan teknik khusus supaya bisa keluar. Tapi kini, ENDEUSiast bisa tenang karena belut juga ada yang dibudidaya.

Berbeda dengan ikan sidat yang bisa tumbuh sangat besar, belut tetap pada ukurannya yang kecil sehingga ia paling enak dimasak krispi dengan tepung terigu dan diberi sambal. Belut juga sering dijadikan dan dijual sebagai snack. Tertarik mencoba?

3/ Ikan wader

Jenis ikan wader ada banyak, namun yang paling sering ditemukan adalah wader bintik dua. Ikan wader jenis ini adalah ikan kecil yang berukuran rata-rata sekitar 100 milimeter hingga 170 milimeter. Ikan ini tersebar di seluruh Indonesia dan mudah ditemukan di manapun. Meskipun ikan ini kecil, namun ikan ini kaya manfaat seperti protein, zat besi, dan sebagainya. Kalau mau memasaknya, ENDEUSiast bisa jadikan dia sebagai side dish makanan utama. Jadi jangan diremehkan ya!

4/ Ikan gabus

Ikan ini punya banyak nama di berbagai daerah. Ada bocek, aruan, kocola, kotes, dan sebagainya. Ikan yang coraknya mirip ular ini biasa hidup di sungai, rawa dan danau. Ia berbentuk lumayan besar dan warna tubuh hitam keabuan dipenuhi dengan bercak putih.

Ikan gabus biasanya diasinkan dan dikeringkan supaya awet. Dagingnya yang tebal dan dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka membuat harga ikan ini cukup mahal.

Nah, itulah daftar ikan yang bisa menjadi alternatif untuk dimasak nanti di hari kemerdekaan. ENDEUSiast bisa mengkreasikan dengan berbagai cara, tentu prediksikan dahulu apakah kreasi cocok dengan bentuk ikan ya. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.