Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Apakah cara memasak saus ala Prancis sedang ENDEUSiast cari? Kalau iya, maka ENDEUSiast bisa menemukan jawabannya disini.

Pernah makan masakan Prancis? Mungkin steak? Atau escargot? Semua makanan itu tidak akan lepas dari kehebatan saus yang dipakai.

Prancis dalam bidang kuliner terkenal dengan para sausnya yang dinobatkan sebagai “mother sauces” atau induk dari bermacam saus yang kini digunakan di berbagai belahan dunia. Saus ini menggunakan “roux” yang mengubah tekstur cair ke kental dan terbuat dari campuran mentega dan terigu. Konsistensi yang tepat dari roux dan bahan lainnya membuat para saus Prancis menjadi idola. Kira-kira apa saja ya kelima jenis saus dan bagaimana cara memasaknya?

1. Saus Hollandaise

Rasa hollandaise adalah gurih dan bertekstur lembut. Saus hollandaise lebih sering diaplikasikan untuk brunch dan merupakan saus yang paling terkenal di Indonesia. Ia cocok dengan macam-macam sayuran, telur, serta daging merah ataupun putih. Contohnya menu Eggs Benedict yang menggunakan muffin dan ikan salmon asap.

Saus ini tidak menggunakan roux, melainkan campuran emulsi kuning telur dan mentega cair dengan jeruk lemon.

Kelemahan saus ini adalah ia mudah pecah sehingga ketika membuatnya harus berhati-hati.

2. Saus Bechamel

Saus ini sederhana dan berwarna putih, inilah yang membuatnya menarik.

Ia dibuat dengan roux campur susu, lalu bawang bombay, cengkih, dan pala. Rasa yang dihasilkan adalah gurih. Saus ini akan banyak ditemukan di dalam makanan seperti lasagna , pasta, steak, dan sebagainya .

3. Saus Velouté

Saus ini bermacam lagi jenisnya seperti allemande, supreme , dan gravy . Namun persamaannya adalah ia menggunakan roux lebih ringan dan mencampur dengan kaldu hewani seperti ayam dan kalkun.

Saus Velouté dituang kesajian ikan dan unggas yang diproses dengan metode poaching ataupun dikukus .

4. Saus Tomat

Yang satu ini memang lebih familar di telinga. Ia merupakan campuran dari lemak, wortel, roux, bawang bombay, tomat, juga kaldu daging sapi muda. Saus ini kemudian dimasak selama kurang lebih dua jam.

Untuk makanan, biasanya saus tomat digunakan untuk berbagai jenis pasta, ikan, juga untuk pelengkap french fries.

5. Saus Espagnole

Nama lainnya adalah brown sauce karena warnanya yang cokelat. Warna ini berasal dari kaldu daging sapi muda bersama tulang yang dibakar, sayuran-mayur, dan bumbu rempah.

Tunggu saus hingga menguap dan air menyusut, baru setelahnya saus diangkat dan siap dipakai. Contohnya yang terkenal adalah Beef Bourguignon.

Itulah tadi jenis dan cara memasak saus Prancis. Saus ini banyak dimodifikasi sehingga saus cabang setelahnya menjadi banyak. Nah, apakah ENDEUSiast sudah pernah mencoba saus ini? kalau belum, bisa datang ke restauran prancis terdekat dan tidak perlu bingung lagi memesan jenis makanan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.