Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan Italia yang menggunakan pasta akan diolah menjadi aneka masakan. Biasanya disajikan dengan menggunakan saus dan bumbu khasnya.

Salah satu bahan makanan yang banyak digunakan pada kuliner Italia adalah jenis pasta. Bahan olahan tersebut terbuat dari aneka campuran seperti telur, tepung terigu, garam dan air secukupnya hingga menjadi adonan. Setelah itu barulah bisa membuat berbagai jenis pasta dari adonan tersebut.

Ada pasta yang segar dan ada yang kering. Bedanya adalah pada pasta segar membutuhkan waktu untuk memasaknya sekalipun tidak lama. Hanya saja untuk jenis pasta segar tidak bisa disimpan terlalu lama karena memiliki kadar air tinggi. Untuk pasta kering justru lebih awet karena hanya memiliki kadar air sekitar 10% sehingga lebih memungkinkan untuk tetap awet sehingga bisa disimpan selama 3 tahun.

Ada beberapa jenis pasta yang cukup terkenal di Italia maupun Indonesia. untuk mengetahuinya lebih lanjut lagi, mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Spaghetti

Spaghetti merupakan hidangan khas Italia yang bentuknya seperti mie namun ukuran diameternya lebih tebal bila dibanding mie biasa. Jenis pasta yang satu ini cukup digemari oleh orang Amerika karena dinilai lebih praktis dan juga bisa dicampurkan dengan aneka bumbu dan saus.

Untuk memasak spaghetti pun perlu diperhatikan, biasanya dimasak dalam air mendidih sekitar 12 menit. Jadi pastikan pasta tersebut tidak terlalu mentah dan juga tidak terlalu matang, setelah itu barulah diangkat. Untuk memasaknya pun bervariasi, tetapi umumnya orang barat lebih menyukai spaghetti ala bolognaise yang menggunakan parutan keju diatasnya dan saus daging cincang.

2/ Fettuccine

Jenis pasta yang satu ini juga masuk dalam kategori pasta yang terkenal di restoran Italia. Bentuk fettuccine cukup unik yaitu menyerupai tali sepatu. Fettuccine lebih cocok disajikan dengan menggunakan saus yang menggunakan bahan olahan daging seperti carbonara atau meat sauce . Tetapi ada juga jenis lainnya yaitu Fettuccine Alfredo Sauce , jenis saus ini cukup terkenal dikalangan para pecinta pasta.

3/ Fusilli

Fusilli merupakan jenis pasta yang bentuknya menyerupai spiral dan biasa disajikan menggunakan kacang polong dan saus krim. Bisa juga ditambahkan dengan bahan pelengkap lainnya seperti daging sapi, daging ayam hingga aneka sayur-sayuran.

Pada dasarnya bahan utama dalam membuat fusilli adalah tepung terigu tetapi bisa juga mencampurkan bahan lainnya untuk mempengaruhi rasa dan warna dari pasta tersebut. Tetapi ENDEUSiast jangan sampai salah mengartikannya sebagai rotini ya, karena bentuknya tipis, pendek dan memutar seperti fusilli.

Itulah beberapa resep masakan khas Italia dengan menggunakan aneka jenis pasta. Jadi sekarang ENDEUSiast sudah tahu ya bahwa pasta tidak hanya spaghetti saja.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.