Features

Jenis Pastry yang Perlu Diketahui oleh Pemula

Endeustorial Februari 8 2020

Mengetahui jenis pastry sangat penting bagi pemula di dunia baking. Mulai dari nama, bahan dan bentuknya yang beragam. Yuk belajar bersama disini.

Ada banyak jenis pastry di seluruh dunia. Sebagai pemula, ENDEUSiast mungkin bingung dalam menentukan makan apa dan yang mana. Jangan bimbang, ENDEUSiast akan tahu sebentar lagi. Dalam artikel ini, ENDEUSiast akan disuguhkan jenis-jenis pastry yang ada di dunia. Meskipun sebagian besar resep menyertakan nama kue yang bisa dibuat menggunakan adonan pastry, ada baiknya jika ENDEUSiast tahu kue mana yang cocok dengan kondisi apa dan bagaimana membuatnya.

1/ Shortcrust Pastry

Jenis pastry ini adalah yang paling serbaguna, karena dapat digunakan untuk pai, tart dan flan yang gurih dan manis. Ada beberapa cara berbeda untuk membuat Shortcrust dan ENDEUSiast bisa belajar dengan sempurna karena jenis ini cukup mudah dibuat.

2/ Puff Pastry

Ini adalah salah satu ‘flakked’ pastry yang bisa dilihat dan ditandai dengan adanya lemak dan udara yang terperangkap di antara lapisan-lapisan adonan kue sehingga hasil kuenya tipis, ringan, dan segar. Rongga-rongga cantik yang dihasilkan adalah tanda dari sebuah puff pastry mengembang dengan baik.

3/ Flaky Pastry

Digunakan sebagai crust untuk pai gurih, gulungan sosis, kue seperti Eccles, dan Puff Selai. Flaky Pastry paling baik dibuat dalam kondisi dingin dan jelas harus dingin selama dan setelah pembuatan. Ini bermaksud untuk mencegah kandungan lemak mencair saat sedang dimasak.

4/ Rough Puff Pastry

Jenis ini adalah persilangan antara puff dan flakky pastry . Ini juga baik jika digunakan sebagai gulungan roti sosis atau crust pai dan tart . Rough Puff Pastry cenderung lebih mudah untuk dibuat dari pada puff pastry .

5/ Choux Pastry

Pastry ini sangat ringan dan biasa digunakan dalam pembuatan éclair , profiteroles , dan roti krim. Udara membuat roti mengembang selama memasak. Di Indonesia choux paste dikenal dengan nama kue sus.

6/ Filo Pastry

Jenis pastry ini dibuat dalam lembaran yang sangat tipis. Dibuat dari tepung dengan kandungan gluten yang tinggi dan filo yang sangat sulit dibuat. Pastry ini perlu penanganan yang hati-hati karena lembarannya yang tipis dan sangat rapuh sehingga cepat kering, juga mudah robek.

7/ Suet Crust Pastry

Suet Crust Pastry adalah pastry tradisional Inggris yang biasa digunakan untuk puding kukus, pangsit dan puding roly-poly. Suet Crust Pastry memiliki tekstur yang ringan.

8/ Hot Water Crust Pastry

Pastry ini dibentuk dengan tangan saat sedang hangat dan memiliki rasa yang kaya dan renyah. Tepung terigu, garam, kuning telur, dan lemak hewani yang direbus dengan air adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

9/ Pate Sucree Pastry

Seperti namanya, pastry ini berasal dari Perancis. Ini adalah pastry yang menggabungkan gula dan kuning telur untuk hasil rasa yang kaya dan manis. Pastry ini tipis, renyah dan meleleh di mulut saat dimakan.

Nah, kini ENDEUSiast sudah tahu jenis pastry yang ada dan tidak buta-buta amat dengan ragam.

Endeustorial

Ikuti Instagram