Features

Inspirasi Cara Mengolah Daging Merah

Helen ChristiantiJanuari 16 2020

Beberapa cara memasak yang cocok digunakan saat mengolah daging merah. Apa saja?

Daging merah adalah jenis daging yang berwarna merah, biasanya berasal dari sapi, kambing, dan sejenisnya. Jenis daging yang satu ini banyak disukai karena rasanya lezat dan juga sebagai sumber protein yang baik. Meskipun kandungan gizi daging merah baik, namun cara memasak yang salah bisa mengurangi kandungan gizinya. Bahkan cara memasak yang salah membuat daging merah sebagai pemicu kanker. Agar daging merah tetap sehat, gunakan cara berikut ini untuk mengolahnya.

1/ Pilih Daging Tanpa Lemak

Daging merah yang tergolong sehat adalah bagian tanpa lemak. Sebisa mungkin pilih daging yang tidak mengandung banyak lemak atau hilangkan lemak yang terlihat di permukaan daging. Menghilangkan lemak sebelum mengolah daging membuat daging merah lebih baik untuk dikonsumsi.

2/ Panggang Dengan Oven

Memanggang daging merah adalah salah satu metode memasak yang disarankan. Metode memasak yang satu ini tidak membutuhkan tambahan minyak atau lemak. Agar daging bisa matang merata, panggang daging dalam suhu 260 derajat celcius selama 5 menit persisi atau sesuai dengan tingkat kematangan daging yang diinginkan.

Selain memanggang, metode memasak daging yang banyak dilakukan adalah memanggang dengan arang. Metode memasak yang satu ini sebenarnya tidak disarankan meskipun lebih sehat dari menggoreng. Hal ini karena sisa pembakaran arang bisa menempel pada daging dan bersifat karsinogenik atau bisa memicu kanker. Bila ingin membakar daging, gunakan alat membakar yang menggunakan gas atau listrik sebagai sumber panasnya. Agar daging tidak lengket pada panggangan, ENDEUSiast bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun pada pemanggang.

3/ Gunakan Metode Pan Searing

Bila tidak mempunyai oven atau panggangan listrik/gas, ENDEUSiast bisa memasak daging menggunakan metode pan searing. Dengan metode ini, daging dipanggang diatas wajan datar, biasanya wajan cast iron, dengan menggunakan sedikit minyak zaitun. Daging dipanggang pada masing-masing sisinya selama beberapa waktu hingga tingkat kematangan yang diinginkan.

4/ Masak Daging dengan Slow Cooking

Bila ingin memasak daging yang menggunakan bumbu atau stew, ENDEUSiast bisa menggunakan metode slow cooking. Metode memasak yang satu ini mempunyai banyak keuntungan,, yaitu daging lebih empuk dan bumbu lebih meresap. Memasak daging dengan slow cooking membutuhkan waktu yang lama dengan api yang kecil. Metode memasak ini cocok untuk memasak rendang, semur , atau jenis stew daging yang lain.

5/ Jangan Mengolah Daging yang Beku

Ketika memasak daging sebaiknya hindari memasak daging langsung dalam keadaan beku. Daging beku yang langsung dimasak lebih mudah terkontaminasi bakteri karena tingkat kematangan yang tidak merata. Sebaiknya biarkan daging dalam suhu ruang hingga daging tidak lagi beku dan kandungan es di dalamnya hilang.

Helen Christianti