Features

Aneka Minuman Sehat Asli Indonesia Sedap Berkhasiat

Endeustorial Januari 24 2020

Minuman khas Indonesia ini tidak hanya menyegarkan tapi juga berkhasiat

Selain makanan, minuman khas Indonesia juga tersedia dengan banyak variasi. Beberapa minuman tidak hanya dibuat sebagai penghilang dahaga saja namun juga dipercaya mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Minuman tradisional Indonesia ini dibuat dari ramuan alami seperti rempah-rempah, biji-bijian, dedaunan, dan sebagainya. Selain bahan yang digunakan, proses pembuatan minuman asli Indonesia ini juga masih alami dan manual. Sehingga rasanya tetap lezat dari masa ke masa dan khasiatnya tetap terjaga. berikut ini beberapa minuman sehat asli Indonesia yang sedap dan berkhasiat.

1/ Bir Pletok

Meskipun namanya bir, minuman khas Betawi ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Namun bir pletok ini menyegarkan dan mempunyai khasiat menghangatkan badan. Bahan yang digunakan dalam bir pletok adalah rempah-rempah seperti secang, kapulaga, pala, serai, cengkeh, jahe, dan sebagainya. Bila pertama kali mencoba minuman ini, rasanya akan dominan pedas namun lama kelamaan rasanya menjadi hangat. Selain menghangatkan badan, minuman yang satu ini juga mengandung vitamin dan antioksidan yang berasal dari rempah-rempah.

2/ Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman khas Jawa tengah yang terdiri dari bola-bola ketan dan taburan kacang tanah. Bola-bola ketan ini disajikan dengan kuah jahe yang pedas dan manis. Tekstur bola ketan yang kenyal dengan gurihnya kacang, berpadu dalam pedas dan manisnya kuah jahe. Minum wedang ronde ini cocok dinikmati ketika udara dingin untuk mengusir masuk angin.

3/ Jamu

Jamu sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu jamu sebagai minuman dan jamu sebagai obat. Jamu sebagai minuman mempunyai konsistensi yang encer seperti minuman dengan rasa manis sedangkan jamu sebagai obat mempunyai konsistensi lebih kental dan rasa pahit. Varian jamu yang umum adalah kunyit asam, beras kencur, sinom, dan sebagainya.

4/ Bajigur

Minuman berkhasiat menghangatkan badan yang lainnya adalah bajigur. Minuman yang satu ini berasal dari Jawa Barat oleh suku Sunda. Dibuat dari campuran rempah-rempah, santan, gula jawa, dan daun pandan.

5/ Sarabba

Sarabba adalah minuman yang kaya dengan rempah-rempah khas Makassar. Minuman ini dipercaya berkhasiat memulihkan stamina dan memulihkan tubuh yang letih. Dibuat dari jahe, pala, merica, santan, dan gula merah.

6/ STMJ

STMJ adalah singkatan dari susu, telur, madu, dan jahe. Minuman ini cukup populer disajikan di warung-warung angkringan. Perpaduan susu, telur, madu, serta jahe yang pedas membuat minuman yang satu ini cocok disajikan ketika cuaca dingin atau ketika badan kurang sehat.

Endeustorial

Ikuti Instagram