Features

Ternyata Ini Rahasia Ayam Goreng Korea yang Enak Itu

Endeustorial June 2 2020

Suka nonton drama Korea dan melihat ada ayam goreng yang keliatannya enak banget? Ternyata ini rahasianya.

Sajian ayam goreng memang banyak disukai dari berbagai kalangan usia; baik anak muda hingga orang tua. Salah satu varian ayam goreng yang sedang tren dan banyak digemari adalah ayam goreng Korea. Ayam goreng ini biasa muncul di serial drama sehingga banyak orang yang penasaran dan ingin mencobanya.

Berbeda dengan ayam goreng krispi pada umumnya, ayam goreng Korea terdiri dari dua jenis yaitu ayam goreng krispi biasa dan ayam goreng bersaus. Bila ingin mencoba membuat ayam goreng Korea, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Tambahkan tepung maizena

Salah satu rahasia ayam goreng Korea agar tetap renyah meski udah diberi saus terdapat pada racikan bumbunya. Selain tepung terigu, racikan bumbu ayam goreng Korea juga ditambahkan dengan tepung maizena.

Penambahan tepung maizena ini membantu mencegah pembentukan gluten dan uap air dari proses menggoreng ayam lebih terserap. Sehingga lapisan tepung bisa lebih menempel pada daging ayam dan ayam menjadi lebih kriuk.

Takaran penambahan tepung terigu dan tepung maizena 1,5 cup tepung terigu dan ½ cup tepung maizena. Bila ngga ada tepung maizena, kita juga bisa menggunakan tepung pati kentang untuk mendapatkan manfaat yang sama.

2. Marinasi ayam

Ayam goreng Korea sebenarnya tidak dimarinasi dengan banyak bumbu seperti ayam goreng lain. Biasanya ayam goreng Korea dimarinasi dengan garam dan lada saja. Merendam ayam dengan air garam sebelum digoreng akan membuat tekstur ayam menjadi lebih lembut dan juicy .

3. Hindari menggoreng dalam jumlah banyak

Salah satu rahasia agar ayam goreng Korea tetap renyah adalah hindari menggoreng dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu wajan. Menggoreng ayam yang terlalu banyak akan membuat suhu minyak menurun drastis dan membuat hasil ayam goreng kurang maksimal.

Hal ini juga menghasilkan gorengan ayam yang kurang krispi dan cenderung lembek. Sebaiknya goreng ayam menyesuaikan dengan besar wajan dan banyaknya minyak untuk hasil yang kriuk maksimal.

4. Goreng dua kali

Tekstur ayam goreng Korea memang terkenal kriuk dan renyah. Hal ini karena ayam goreng digoreng dua kali untuk mendapatkan tekstur tersebut. Proses penggorengan pertama bertujuan untuk mematangkan daging ayam, sedangkan proses penggorengan kedua bertujuan untuk menciptakan ayam yang renyah.

5. Tunggu saus hingga mengental sebelum dicampur dengan ayam

Bila menghendaki ayam goreng Korea yang bersaus, kita bisa mencampur saus terlebih dahulu secara terpisah. Kemudian masak saus hingga benar-benar mengental. Kunci kelezatan ayam goreng bersaus adalah bumbu yang kental. Bila bumbu sudah kental, matikan kompor dan masukkan ayam yang sudah digoreng. Aduk rata agar ayam terbalut sempurna dengan saus dan segera sajikan.

Endeustorial

Ikuti Instagram