Piring menjadi hal penting ketika akan menyajikan masakan yang beragam. Nah, apakah ENDEUSiast sudah mengetahui jenis piring dan gunanya?

Merencanakan acara dengan hidangan-hidangan istimewa apakah ENDEUSiast sudah memilik piring saji yang tepat sesuai fungsinya? Memilih piring saji memang tricky , kalau salah, hidangan akan terlihat norak. Apalagi kalau diikutkan lomba, wah bahaya!

Untuk itu, mari mengenali jenis piring saji di bawah, supaya ENDEUSiast tidak salah guna ya!

1/ Dinner Plate

Piring satu ini adalah yang paling sering digunakan dan dikenali karena digunakan untuk menyajikan main course atau menu utama. Bentuknya beragam, namun pada dasarnya, semua dinner plate berbentuk bulat dengan alas yang datar atau cekung. Diameternya berkisar sekitar 26 cm.

2/ Coupe Plate

Ukuran dan bentuk Coupe Plate berbeda dengan dinner plate , namun keduanya memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Coupe Plate memiliki bentuk datar dan di bagian pinggir ada lengkungan yang mengarah ke atas sehingga ia juga memiliki sebutan sebagai Piring Bulan.

3/ Rice Bowl

Kalau piring satu ini digunakan untuk menghidangkan nasi. Kalau sering mengunjungi restaurant China, Jepang atau Korea, ENDEUSiast akan sering melihat piring berdiameter sekitar 4,5 cm ini.

4/ Oval Plate

Bentuknya juga sama oval seperti namanya, namun ada pula yang berbentuk coupe . Piring ini digunakan untuk menyajikan lauk pauk seperti sayur, ikan, dan daging. Untuk ukuran, tentunya lebih besar dibandingkan piring sebelumnya. umumnya berdiameter 20 cm hingga 40 cm. Nah! Tinggal memilih sesuai dengan besar hidangan.

5/ Dessert Plate

Seperti namanya, piring ini digunakan untuk menghidangkan dessert atau makanan penutup atau dessert. Secara bentuk, ia mirip dengan dinner plate, namun berdiameter sekitar 18 cm saja.

6/ Soup Bowl

Seperti namanya, mangkuk ini berfungsi untuk menghidangkan sup dan ukurannya pun beragam, mulai dari diameter 12 cm sampai yang ukuran 20 cm.

7/ Salad Bowl

Meskipun juga bisa dijadikan dessert, namun penggunaan salad bowl bisa menambah kecantikan visual dari si salad. Maka dari itu, piring ini jadi sering digunakan. Ukurannya beragam dari diameter 12 cm sampai 23 cm.

Masih banyak lagi piring lain yang ada dalam daftar, namun piring ini adalah basic yang perlu diketahui ketika akan melakukan plating. Jangan sampai salah menggunakan ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.