Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Takjil buka puasa yang satu ini cukup unik karena berwarna hijau. Ya, namanya adalah es pisang ijo khas Makassar.

Es pisang ijo pasti udah pada tau kan? Kudapan manis yang biasa disajikan untuk takjil buka puasa saat di bulan Ramadan ini merupakan kuliner khas Makassar. Sesuai dengan namanya, kudapan manis ini terbuat terbuat dari bumbu sumsum yang ditambahkan dengan pisang yang diberi warna hijau.

Untuk rasa gurihnya menggunakan santan cair dan tambahan sirup merah agar rasanya menjadi manis. Jangan lupa tambahkan es batu agar semakin segar.

Meskipun asalnya dari Makassar, tetapi kudapan gurih manis ini juga nggak kalah populer di beberapa kota besar lainnya, salah satunya Jakarta. Bahkan saking populernya, es pisang ijo menjadi menu takjil untuk berbuka puasa yang banyak dicari oleh orang-orang.

Di balik kepopuleran dan kelezatannya, es pisang ijo juga menyimpan keunikan lainnya yang mungkin belum kita ketahui. Jadi, sembari membuat resep es pisang ijo di rumah, kita juga bisa lebih mengenal dengan sajian es khas Makassar yang satu ini.

Es pisang ijo memiliki cerita sejarahnya loh! Pada zaman dahulu terkenal seorang raja yang memiliki sifat bengis. Ia nggak segan-segan untuk menghukum rakyatnya setiap kali ada yang melakukan kesalahan. Nah, suatu ketika ada juru masak kerajaan bernama Ijo telah melakukan kesalahan yaitu dengan menyajikan makanan yang dianggap raja rasanya nggak enak.

Akhirnya, ijo mencoba membuat masakan lainnya yang disebut dengan es pisang ijo. Perpaduan rasa gurih dan manis dari es pisang ijo ternyata bisa membuat raja menyukainya. Maka sejak saat itu raja pun memberi nama sebagai 'Es Pisang Ijo.’

Selain dari segi ceritanya yang menarik, es pisang ijo juga memiliki filosofi yang mendalam bagi masyarakat Makassar. Es yang menggunakan bahan utama pisang dengan balutan adonan berwarna hijau ini memiliki arti masing-masing.

Warna hijau pada balutan pisang diartikan sebagai sopan santun, keanggunan dan bertutur elok. Warna hijau juga dianggap sebagai warna suci dan sakral bagi masyarakat Makassar.

Jika melihat tampilan warna hijau pada es tersebut, kita akan terasa sejuk dan damai. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, es pisang ijo juga telah banyak mengalami modifikasi warna. Ada yang warna kuning, merah hingga ungu.

Tidak heran bila es pisang ijo masuk ke dalam pilihan menu takjil buka puasa. Bahkan masyarakat Makassar menganggap ada yang kurang bila buka puasa tanpa adanya sajian kudapan es yang segar satu ini.

Saat bulan puasa kita bisa menemukan banyak sekali penjual es pisang ijo di pinggir jalan. Tapi di situasi seperti sekarang ini, seakan susah untuk menemukannya di luar rumah. Jadi, nggak ada salahnya untuk membuat sendiri di rumah. Resep es pisang ijo ini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya