Yuk Buat Kreasi Makanan Berbahan Kopi Berikut Ini Saat Liburan
Yuk Buat Kreasi Makanan Berbahan Kopi Berikut Ini Saat Liburan

Kopi memang lebih umum disajikan sebagai minuman, namun beberapa makanan ini ternyata juga berbahan dasar kopi.

Kopi memang lebih umum disajikan sebagai minuman, namun beberapa makanan ini ternyata juga berbahan dasar kopi.

Biasanya kopi disajikan dalam bentuk minuman, baik panas ataupun dingin. Namun minuman berwarna hitam ini juga bisa dijadikan modifikasi untuk tambahan bahan pada kue. Kue-kue dengan rasa ataupun aroma kopi sedang booming dan disukai banyak orang.

Beberapa kue dengan rasa kopi bahkan menjadi menu utama diberbagai café ataupun bakery. Berikut ini adalah beberapa kreasi makanan berbahan kopi yang bisa ENDEUSiast buat selama liburan.

1/ Bolu Kukus Kopi

Bolu kukus biasanya mempunyai rasa pandan ataupun santan. Jarang sekali orang membuat bolu kukus dengan berbagai varian rasa namun ENDEUSiast bisa mencoba bereksperimen dengan membuat bolu kukus rasa kopi.

Untuk membuat bolu kukus rasa kopi, ENDEUSiast bisa menambahkan kopi instan dan juga coklat masak. Buat bolu dengan cara yang biasanya membuat bolu kukus dan ENDEUSiast akan terkejut karena rasa kopi sangat cocok dengan bolu kukus.

2/ Tiramisu

Tiramisu adalah salah satu kue yang memang berbahan dasar kopi atau espresso. Perpaduan aroma dan rasa kopi dengan keju dijamin membuat ENDEUSiast ketagihan.

Makanan yang berasal dari Italia ini aslinya menggunakan keju mascarpone sebagai bahan dasarnya namun ENDEUSiast bisa mengkreasikannya dengan krim keju atau jenis keju yang lain. Agar rasanya lebih lezat, gunakan kopi dengan kualitas yang baik agar rasa dan aromanya kuat.

3/ Puding Kopi

Puding adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang. Ada banyak kreasi puding yang bisa ENDEUSiast coba salah satunya adalah puding kopi. Cara membuat puding kopi ini sama dengan membuat puding pada umumnya, hanya saja puding dicampur dengan kopi hitam. ENDEUSiast bisa menyeduh kopi terlebih dahulu dan menyaringnya agar ampas tidak ikut masuk ke dalam puding.

Agar lebih cantik ENDEUSiast juga bisa membuat puding kopi dengan cara berlapis dengan puding susu. Haslilnya pasti lebih cantik dan juga lezat.

4/ Lapis Legit Kopi

Lapis legit adalah salah satu makanan Indonesia yang dinobatkan menjadi salah satu makanan paling lezat di dunia. Makanna ini biasanya dibuat dengan menggunakan rempah-rempah atau bumbu spikoek. ENDEUSiast bisa mengkreasikan lapis legit ini dengan mengganti rempah-rempah dengan ekstrak kopi. Selain itu, ENDEUSiast bisa menkombinasikan ekstrak kopi sebagai salah satu lapisan dan lapisan lain dengan rasa panda, vanilla, dan sebagainya.

5/ Oatmeal Latte

Oatmeal biasanya disajikan dengan pisang dan madu. Agar sajian oatmeal tidak membosankan, ENDEUSiast bisa mengkreasikan oatmeal dengan latte atau kopi yang lain. Campurkan 1 atau 2 shot espresso dengan susu putih, dan sedikit garam ke dalam oatmeal dan sajikan dengan taburan bubuk kayu manis.

Endeustorial

Ikuti Instagram