Capcay, Lauk Sederhana Sarat Gizi Untuk Anak Kos
Capcay, Lauk Sederhana Sarat Gizi Untuk Anak Kos

Source: Shutterstock. Cara Membuat Capcay Untuk Anak Kos.

Pembuatan Capcay yang cukup mudah, menjadikan lauk ini sebagai sajian andalan anak kos. Kira-kira apa saja yang diperlukan saat membuat capcay?

Capcay adalah salah satu makanan yang paling mudah dibuat. ENDEUSiast tidak perlu alat atau bahan-bahan khusus untuk membuat capcay. Sehingga makanan yang satu ini cocok untuk anak kos yang tetap harus makan makanan sehat dan bergizi.

Meskipun ENDEUSiast bisa membeli capcay di restoran atau warung, namun memasak capcay sendiri bisa membantu ENDEUSiast agar lebih irit. Selain itu, memasak makanan sendiri juga lebih sehat. Berikut ini beberapa tips dasar membuat capcay sederhana ala anak kos.

1/ Sayuran

Bahan utama capcay adalah sayuran. Capcay sendiri bisa diartikan sebagai makanan dengan 10 macam sayuran. Namun ENDEUSiast tidak perlu menggunakan 10 macam sayuran untuk membuat capcay.

Gunakan paling tidak 3 macam sayuran yang berbeda warna agar capcay terlihat meriah misalnya wortel, sawi, dan bunga kol. Sayur apapun bisa digunakan untuk capcay tergantung dengan ketersediaan bahan di kos.

2/ Bahan Pelengkap

Selain bahan utama, capcay juga menggunakan beberapa bahan pelengkap seperti bakso, sosis, daging ayam, dan sebagainya. Penambahan protein membantu menambah rasa gurih pada capcay.

Pada capcay jawa juga bisa ditambahkan kekian atau adonan tepung yang digoreng. Namun bila tidak ada, ENDEUSiast juga bisa menambahkan telur orak-arik saja. Bahkan capcay tanpa tambahan protein juga akan tetap sedap dan cocok untuk ENDEUSiast yang sedang berdiet.

3/ Bumbu-Bumbu

Salah satu kunci kelezatan capcay terletak pada bumbu-bumbu yang digunakan. Capcay versi lengkap menggunakan saus tiram, kecap ikan, kecap asin, dan minyak wijen. ENDEUSiast bisa menggunakan salah satu atau dua dari bumbu-bumbu tersebut agar capcay menjadi sedap.

Bila membuat capcay jawa, ENDEUSiast bisa menambahkan kecap dan saus tomat untuk menambah rasa dan warna pada capcay. Meskipun ENDEUSiast hanya menggunakan gula dan garam, capcay akan tetap terasa lezat bila menggunakan bumbu yang pas. Untuk membuat capcay, ENDEUSiast hanya perlu bumbu bawang putih dalam jumlah yang banyak.

ENDEUSiast juga bisa menggunakan bawang bombay untuk menambahkan rasa sedap pada capcay. Sebelum dihidangkan, taburan bawang goreng juga bisa membuat capcay menjadi sedap.

4/ Variasi Capcay

Capcay mempunyai variasi yang sangat banyak. ENDEUSiast bisa membuat capcay versi sederhana yaitu capcay cah. Cukup tumis bumbu, sayuran, dan bahan pelengkap, ENDEUSiast sudah bisa menikmati sepiring capcay sedap yang dihidangkan dengan sepiring nasi hangat.

Bila ingin lebih mewah, ENDEUSiast bisa menambahkan mie yang sudah digoreng kering dan membuat tami capcay. Selain itu, membuat capcay sendiri juga memungkinkan ENDEUSiast untuk membuatnya dengan kuah yang banyak atau sedikit.

Bahan-bahan apa lagi yang biasanya ENDEUSiast tambahkan saat membuat Capcay?

Endeustorial

Ikuti Instagram