Merica adalah salah satu rempah yang wajib ada sebagai penyedap ketika memasak. Namun apakah ENDEUSiast sudah menggunakan merica dengan benar?

Bersama dengan rempah lain, merica memang menjadi salah satu komponen bumbu yang penting. Banyak masakan Indonesia yang menggunakan merica sebagai salah satu bumbu masak. Seperti mie, capcay, soto, nasi goreng dan lainnya. Bahkan ada salah satu masakan yang berasal dari Rembang yang disebut Sayur Merica.

Berbeda masakan tentu saja membutuhkan metode masak yang berbeda dalam menggunakan merica. Sehingga tidak semua masakan menggunakan merica dengan cara yang sama. Apakah ENDEUSiast sudah menggunakan merica dengan cara yang benar? Berikut beberapa penjelasannya.

1/ Untuk Masakan

Merica adalah salah satu rempah yang banyak digunakan untuk berbagai masakan di dunia. Namun, penggunaan merica ternyata berbeda untuk satu masakan dengan yang lainnya. Misalnya untuk tumisan, merica biasanya digunakan dalam bentuk bubuk dan ditaburkan pada makanan saat proses memasak.

Untuk makanan seperti soto dan rawon, merica yang digunakan biasanya adalah merica butiran. Kemudian merica ini dicampur dengan bumbu lain dan dihaluskan bersama-sama. Beberapa orang juga menggunakan pepper grinder atau penghalus merica sehingga merica lebih mudah digunakan.

2/ Sebagai Taburan

Selain untuk masakan, merica juga biasa digunakan sebagai taburan. Metode ini biasanya digunakan untuk makanan Barat, seperti steak, spaghetti, dan sebagainya. Merica untuk taburan lebih cocok menggunakan merica bubuk, karena lebih mudah menyatu dengan makanan bila diaduk. Selain merica bubuk, ENDEUSiast juga bisa menggunakan merica butiran dan dihaluskan manual dengan pepper grinder . Dengan cara ini, merica bisa tersebar dengan merata ke atas makanan.

3/ Merica Butiran vs Merica Bubuk?

Jadi, mana yang lebih baik, merica butiran atau merica bubuk? Dua jenis merica ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Namun secara umum, merica butiran mempunyai aroma yang lebih sedap dan kuat disbanding merica bubuk. Hal ini karena merica bubuk sudah melalui berbagai macam proses sehingga aromanya memudar.

Namun bila ingin lebih praktis, merica bubuk tentu menjadi pilihan utama. Merica bubuk bisa digunakanuntuk memasak dan taburan tanpa perlu menggunakan penghalus merica. ENDEUSiast bisa mengemas merica bubuk pada wadah kecil dengan beberapa lubang sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Selain untuk masakan, merica juga bisa digunakan untuk membuat minuman seperti Saraba dari Sulawesi. Minuman ini menggunakan merica pada ramuannya sehingga memberikan efek hangat pada tubuh. Dengan banyaknya manfaat merica, tidak heran bila rempah yang satu ini dijuluki sebagai king of spices dan merupakan salah satu komoditas rempah yang mahal di dunia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.