Jenis merica yang populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah merica hitam dan putih. Sudah tau perbedaannya?

Banyak orang yang mengira bila merica hitam dan putih berasal dari pohon yang berbeda. Padahal dua jenis merica ini berasal dari pohon yang sama namun melalui proses yang berbeda sehingga hasilnya berbeda. Merica hitam berasal dari buah pohon lada, sedangkan merica putih berasal dari biji pohon lada. Berikut ini beberapa beberapa perbedaan merica putih dan hitam.

1/ Proses Merica Hitam dan Putih

Merica hitam dan putih sama-sama berasal dari pohon lada yang sama, hanya saja merica hitam menggunakan buah lada utuh yang dikeringkan hingga menjadi hitam dan permukaannya keriput. Sedangkan merica putih berasal dari buah lada yang sudah matang. Buah lada ini kemudian direndam dengan air selama beberapa hari agar daging buah lada mudah terurai. Proses ini dinamakan retting untuk mendapatkan biji lada. Biji lada yang sudah bersih kemudian dikeringkan dan menjadi merica putih.

Pengelupasan merica putih memberikan permukaan merica yang mulus, bersih, dan menarik. Sedangkan merica hitam yang tidak melalui proses pengelupasan mempunyai permukaan yang kasar dan keriput.

2/ Tingkat Pedas

Dibanding dengan merica putih, merica hitam mempunyai rasa yang lebih pedas karena proses pengolahannya masih sederhana. Merica putih sudah melalui berbagai macam proses perendaman dan pengeringan sehingga rasa pedasnya lebih ringan.

3/ Tingkat Awet

Bila disimpan, merica hitam termasuk yang lebih awet daripada merica putih. Merica hitam butiran bisa tahan disimpan hingga satu tahun, sedangkan merica hitam yang sudah dihaluskan hanya bisa bertahan beberapa bulan saja. Sedangkan merica putih tidak tahan disimpan terlalu lama karena sudah melewati berbagai proses pengolahan. Sehingga aroma dan rasanya lebih mudah menguap dibanding dengan merica hitam.

4/ Masing-Masing Keunggulan

Merica hitam lebih banyak digunakan untuk memasak makanan barat seperti omelette , daging panggang, dan pasta. Secara umum lada hitam digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada masakan karena aromanya yang tajam. Pada masakan barat, merica putih hanya digunakan untuk masakan berwarna cerah atau saus karena tidak membuat masakan berwarna hitam.

Sedangkan merica putih umumnya digunakan untuk masakan-masakan Asia, termasuk masakan Indonesia. Merica putih digunakan untuk menambahkan sensasi pedas dan panas pada masakan.

5/ Perbedaan Harga

Sebagai komoditas perdagangan, merica putih mempunyai harga yang lebih mahal karena proses pembuatannya juga rumit. Sedangkan di Indonesia sendiri, sebagian besar orang lebih memilih menggunakan merica putih sebagai bumbu dapur sehingga peminta merica hitam termasuk sedikit.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.