Merica dan ketumbar sekilas memang terlihat sama. Padahal merica dan ketumbar adalah dua rempah yang berbeda.

Bagi banyak orang, merica dan ketumbar seperti rempah yang sama. Padahal merica dan ketumbar adalah dua rempah yang sangat berbeda. Hanya karena bentuknya yang mirip, orang menganggap bila merica dan ketumbar sama.

Bila ENDEUSiast masih belajar memasak, mengetahui perbedaan ketumbar dan merica sangatlah penting. Hal ini karena dua rempah ini mempunyai fungsi yang berbeda dan tidak bisa saling menggantikan. Berikut ini beberapa perbedaan merica dan ketumbar.

1/ Warna dan Bentuk

Bila dilihat sekilas, merica dan ketumbar seperti mempunyai bentuk yang sama padahal tidak. Merica mempunyai ukuran sekitar 1-2 milimeter dengan bentuk bulat dan permukaan yang kasar atau keriput. Sedangkan ketumbar mempunyai ukuran yang lebih kecil dari merica dengan bentuk yang bulat namun ujungnya lonjong. Permukaan ketumbar juga halus dan terdapat garis-garis. Merica tersedia dalam bermacam-macam warna seperti hitam, putih, merah, dan sebagainya namun ketumbar hanya terdapat satu macam warna saja yaitu coklat muda.

2/ Tekstur

Bila sudah digiling, merica mempunyai tekstur yang lebih halus bila dibanding dengan ketumbar. Hal ini karena merica lebih padat daripada ketumbar. Sehingga ketika digunakan dalam masakan merica bisa larut sepenuhnya sedangkan ketumbar biasanya masih menyisakan kulit bijinya pada makanan.

3/ Aroma dan Rasa

Merica dan ketumbar dalam bentuk bubuk memang tidak terlalu mencolok aromanya. Namun ketika sudah dijadikan bubuk, ENDEUSiast akan tahu perbedaan aroma dan rasanya. Merica mempunyai aroma yang khas dan tajam menusuk hidung. Aroma merica ini lebih kuat bila dibanding dengan aroma ketumbar. Selain itu, rasa dari merica adalah pedas dan panas, sedangkan ketumbar tidak.

4/ Penggunaan dan Pengolahan

Tidak semua makanan membutuhkan dua rempah ini. Beberapa masakan yang umum menggunakan merica adalah capcay, sup, tumis, dan sebagainya. Sedangkan ketumbar biasanya digunakan untuk membuat Sayur Lodeh Labu Kuning , Gulai Daun Singkong , Soto Ayam , Bebek Betutu Kuah Santan dan sebagainya.

Dalam hal pengolahan sebenarnya tidak ada yang berbeda. ENDEUSiast bisa langsung menggunakan merica, terutama merica bubuk, pada makanan baik saat dihidangkan ataupun ketika proses memasak. Namun untuk ketumbar harus digunakan pada proses memasak. Bila ingin aroma ketumbar lebih kuat, ENDEUSiast bisa menyangrai terlebih dahulu biji ketumbar hingga berwarna kecoklatan sebelum ditumbuk.

Meskipun dua rempah ini mempunyai perbedaan yang cukup jelas, namun dalam hal penyimpanan semuanya sama. Merica dan ketumbar sama-sama harus disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di tempat yang kering. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan aroma rempah-rempah agar tidak mudah rusak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.