Ikan kembung mempunyai nilai gizi yang tinggi. Agar tidak bosan, olah ikan kembung dengan cara ini.

Ikan kembung adalah salah satu ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ikan yang satu ini berukuran kecil tanpa sisik. Meskipun ukurannya kecil, ikan kembung ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi bahkan melebihi kandungan omega-3 pada salmon. Yang terpenting adalah ikan kembung ini bisa didapat dengan mudah dan dengan harga yang murah. Berikut ini beberapa variasi olahan ikan kembung yang bisa ENDEUSiast coba di rumah.

1/ Pepes Ikan Kembung

Pepes adalah salah satu olahan khas Indonesia dengan ciri khas berbungkus daun pisang. Ada banyak jenis bahan yang bisa dijadikan pepes seperti ikan, tahu, tempe, dan sebagainya. Salah satu olahan ikan kembung yang bisa ENDEUSiast coba adalah pepes ikan kembung. Penggunaan bumbu rempah-rempah membuat ikan kembung menjadi lebih gurih dan tidak amis. Selain itu, aroma daun pisang juga membuat ikan kembung menjadi lebih sedap.

2/ Ikan Kembung Masak Tauco

Tauco adalah salah satu olahan kedelai fermentasi. Biasanya tauco digunakan sebagai campuran sambal ataupun sebagai bumbu. Agar ENDEUSiast tidak bosan dengan olahan ikan kembung goreng dengan sambal yang itu-itu saja, ENDEUSiast bisa mencoba sambal tauco sebagai pendamping ikan kembung goreng. Selain rasa pedas, penggunaan tauco pada sambal juga memberikan rasa gurih, asam, dan manis.

3/ Ikan Kembung Bumbu Balado

Balado adalah salah satu jenis masakan yang sangat populer di Indonesia. Ciri khas balado adalah bumbu yang pekat, berwarna merah dengan rasa yang pedas. ENDEUSiast juga bisa mengkombinasikan balado dengan ikan kembung goreng. Cara membuatnya juga mudah yaitu ENDEUSiast tinggal membuat bumbu balado seperti pada umumnya, kemudian tambahkan ikan yang sudah digoreng ke dalam bumbu balado dan masak hingga bumbu balado meresap.

4/ Ikan Kembung Kremes

Biasanya sajian kremes digunakan untuk ayam ataupun bandeng presto. ENDEUSiast juga bisa menggunakan bumbu yang sama untuk ikan kembung ini. Pertama ENDEUSiast harus memarinasi ikan kembung dengan bumbu-bumbu selama beberapa menit. Kemudian buatlah adonan kremes yang terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, dan tepung beras. Kemudian goreng ikan kembung. Sebelum ikan kembung kering, ENDEUSiast bisa menuangkan adonan kremes diatasnya agar ikan bisa terbalut dengan kremes.

5/ Ikan Kembung Bakar Bumbu Bali

Sajian ikan bakar memang seperti tidak ada habisnya. Selain ikan mujair, ENDEUSiast juga bisa membuat sajian ikan bakar dengan ikan kembung. Agar tidak bosan, ENDEUSiast bisa menggunakan varian bumbu bali yang berwarna merah dengan rasa yang pedas. Dijamin ikan kembung bakar bumbu bali ini akan membuat ENDEUSiast ketagihan lho.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.