Variasi Bumbu Sate Nusantara Untuk Sajian Yang Lebih Nikmat
Variasi Bumbu Sate Nusantara Untuk Sajian Yang Lebih Nikmat

Setiap kota memiliki bumbu sate yang berbeda dengan yang lainnya. Yuk, ketahui beberapa varian bumbu sate agar bisa mencobanya di rumah.

Sate adalah salah satu makanan yang dibuat dengan cara dipanggang dan disajikan dengan bumbu atau saus. Di Indonesia, sate terbuat dari daging ayam, kambing, seafood, kerbau, dan sebagainya. Salah satu ciri khas sate adalah penggunaan bumbu ketika penyajian sehingga rasa sate menjadi lebih lezat. Ada banyak jenis bumbu yang digunakan untuk sate di Indonesia. berikut ini beberapa jenis bumbu sate yang biasa disajikan.

1/ Bumbu Kacang

Bumbu kacang adalah salah satu varian bumbu sate yang paling banyak digunakan. Bahan dasar bumbu kacang ini adalah kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kemiri, dan garam. Konsistensi bumbu kacang ini kental sedikit cair dengan rasa yang gurih. Biasanya bumbu kacang disajikan dengan kecap manis dan perasan jeruk nipis dan irisan bawang merah. Bumbu kacang ini banyak disajikan untuk sate khas Madura.

2/ Bumbu Padang

Bumbu sate padang ini berbeda dengan bumbu sate pada umumnya yang menggunakan kacang dan kecap. Tidak ada sate lain yang disajikan dengan bumbu sate padang yang berwarna kuning dan kental. Bumbu sate padang ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan kaldu sapi. Sama seperti masakan padang yang lain, sate Padang juga menggunakan banyak bumbu dan rempah-rempah seperti bubuk kari, kunyit, jahe, ketumbar, bawang putih, lengkuas, dan sebagainya. Bumbu sate padang ini disiram pada sate yang sudah dibakar dan harus disajikan hangat. Bila sudah dingin, bumbu sate padang ini akan menjadi kental dan kurang berselera.

3/ Bumbu Kecap

Selain bumbu kacang, bumbu kecap juga menjadi salah satu bumbu sate yang populer. Sate khas Tegal dan sate Maranggi biasanya menggunakan bumbu kecap sebagai pelengkapnya. Bumbu kecap ini bahan dasarnya adalah kecap manis yang disajikan dengan irisan cabai rawit, bawang merah, dan tomat. Bumbu kecap ini kemudian disiram diatas sate yang sudah matang dan siap disajikan.

4/ Sambal Matah

Sate lilit dari Bali memang berbeda dengan sate pada umumnya. Selain bentuk dan rasanya yang berbeda, bumbu pelengkap sate lilit juga tidak sama dengan sate yang lain. Sate lilit lebih cocok dipadukan dengan sambal matah yang segar. Racikan bawang merah, serai, daun jeruk, dan cabai rawit iris yang kemudian disiram dengan minyak membuat sate lilit semakin lezat.

5/ Sambal Bawang

Sambal bawang yang disajikan dengan sate taichan memang selalu nampak lezat. Perpaduan bawang putih dan cabai dan perasan jeruk nipis membuat rasa sate semakin lezat. Selain itu, sate taichan yang dimasak dengan bumbu minimalis memang cocok dipadukan dengan sambal bawang yang juga minimalis.

Endeustorial

Ikuti Instagram