Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Saus seafood mana yang jadi favoritmu?

Seafood sebenarnya adalah makanan yang sudah mengandung rasa gurih alami. Beberapa orang beranggapan bila seafood lebih lezat bila disajikan dengan bumbu minimalis agar rasa seafoodnya tidak hilang. Namun di restoran dan warung tenda, seafood biasanya diolah dengan berbagai macam saus. Saus yang digunakan untuk seafood ini memberikan rasa lezat pada makanan. Berikut ini beberapa varian saus seafood yang populer di restoran dan warung tenda di Indonesia.

1/ Saus Tiram

Saus tiram adalah saus yang terbuat dari tiram, gula, dan kecap. Saus yang satu ini memang seperti jodohnya seafood karena bisa meningkatkan rasa gurih alami dari seafood tanpa mengurangi rasa aslinya. Biasanya saus tiram digunakan untuk sajian kerang seperti kerang saus tiram ataupun untuk tumis sayuran.

2/ Saus Padang

Saus Padang adalah salah satu saus seafood yang juga populer. Ciri khas dari saus padang ini adalah warna merah oranye dengan rasa pedas dan gurih. Saus padang bisa dibuat dengan campuran bawang Bombay, cabai, saus tiram, saus tomat, saus sambal, dan sebagainya. Selain bumbu tersebut, saus padang juga menggunakan bumbu halus seperti bawang putih, jahe, dan cabai merah keriting. Saus padang biasanya digunakan untuk olahan kerang, kepiting, atau udang.

3/ Saus Asam Manis

Saus asam manis juga merupakan salah satu saus yang populer untuk seafood. Biasanya saus ini digunakan untuk ikan seperti gurame asam manis, udang asam manis, dan sebagainya. Saus asam manis ini bisa dibuat dengan menggunakan saus cabai, saus tomat, cabai merah, bawang putih, dan sebagainya. Ciri khas saus asam manis ini adalah rasa asam dan manis serta bisa juga ditambahkan sayuran atau buah-buahan seperti nanas.

4/ Saus Telur Asin

Saus telur asin adalah salah satu saus seafood yang kekinian. Saus yang satu ini dibuat dari kuning telur asin sehingga rasanya asin gurih. Biasanya saus ini digunakan untuk kepiting, udang, dan sebagainya. Ciri khas saus kepiting adalah berwarna kuning dan rasanya gurih creamy.

5/ Saus Mentega

Saus mentega yang gurih membuat saus seafood yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Masakan yang populer dengan saus ini adalah udang saus mentega. Rasa mentega yang gurih dan harum bisa meningkatkan rasa alami pada udang.

6/ Saus Lada Hitam

Saus lada hitam juga banyak digunakan untuk seafood. Ikan, udang, dan kepiting banyak diolah dengan saus lada hitam. Saus lada hitam ini mempunyai rasa pedas yang berbeda dari cabai. Selain itu, butiran kasar pada lada hitam juga bisa menutupu bau amis dan kurang sedap pada seafood.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.