Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Es cendol menjadi salah satu minuman dingin yang banyak dicari oleh masyarakat. Berikut varian es cendol untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

Mendengar kata es cendol pasti ENDEUSiast ingin buru-buru untuk menyantapnya. Es cendol yang berasal dari sunda ini terbuat dari bahan tepung hunkwe dengan menggunakan kuah santan atau susu ditambah dengan lelehan gula jawa sebagai pemberi rasa manis.

Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa jenis es cendol hanya ada satu varian saja. Jangan salah, minuman berkuah santan memiliki banyak varian tergantung dari daerah asalnya dengan rasa yang berbeda-beda. Penasaran apa saja varian dari es cendol? Mari kita lihat listnya di bawah ini.

1/ Es Cendol Selasih

Kota Solo memang identik dengan makanannya yang bercitra rasa manis. Tidak hanya makanannya aja yang manis tapi juga berbagai jenis minumannya juga terbilang manis. Salah satu minuman yang cukup terkenal di kota Solo adalah es cendol selasih. Varian cendol yang satu ini menggunakan biji selasih sebagai isiannya. Es cendol khas Solo ini cukup berbeda bila pada cendol umumnya menggunakan gula jawa sebagai pemanis maka tidak dengan es cendol selasih. Pemanisnya menggunakan gula pasir yang langsung dicampurkan ke dalam kuah santan. Tidak lupa juga untuk menambahkan es agar terasa dingin.

2/ Es Cendol Semarangan

Sesuai dari namanya varian es cendol ini berasal dari kota Semarang. Bahan pembuatan cendol semarangan menggunakan tepung maizena yang dimasak hingga kental dan kenyal. Jika umumnya cendol berwarna hijau maka untuk cendol semarangan warnanya putih bening. Untuk isiannya bisa menggunakan apa saja seperti tape atau nangka. Jika dilihat sekilas, tampilan es cendol semarangan nampak seperti es campur karena ada es serut diatasnya. Tidak lupa juga untuk menambahkan santan dan gula jawa sebagai pelengkap rasa es cendol Semarangan ini.

3/ Es Cendol Jepara

Es cendol yang berasal dari pesisir Jawa Tengah terbuat dari tepung sagu aren. Sama seperti es cendol pada umumnya, es cendol Jepara juga menggunakan kuah santan dan gula jawa yang telah dilelehkan sebagai pemanis. Menariknya dari es cendol Jepara ini adalah isiannya yang cukup bervarian dengan menggunakan berbagai buah-buahan seperti durian, nangka, alpukat dan kelapa. Dijamin dapat menghilangkan dahaga dalam sesaat.

Bila ENDEUSiast tertarik dengan varian lainnya, bisa mencoba es cendol durian . Rasa cendol dan durian yang menjadi satu dengan sensasi dingin memberikan kenikmatan bagi siapa saja yang meminumnya. Tertarik untuk mencobanya? ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang telah diberikan. Demikianlah beberapa varian es cendol yang bisa ENDEUSiast nikmati di siang hari yang panas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.