Udah Tau Belum Cara Membersihkan Udang Dengan Benar?
Udah Tau Belum Cara Membersihkan Udang Dengan Benar?

Enak sih, tapi yakin sudah membersihkan udang dengan benar?

Selain rasanya yang lezat, udang adalah salah satu makanan laut yang mempunyai nutrisi yang tinggi. Hewan laut yang satu ini banyak diolah menjadi berbagai makanan sepeti sate udang , tumis udang, ekado, dan sebagainya.

Salah satu karakteristik udang adalah mempunyai cangkang yang keras sehingga harus dibersihkan dengan benar agar bumbu bisa meresap dengan baik. Cara membersihkan udang ini juga berbeda dengan hewan laut yang lain karena bentuknya yang unik. nah biar nggak salah, berikut ini beberapa cara yang benar membersihkan udang.

1. Cuci di bawah air mengalir

Meskipun udang selalu dijual dalam bentuk rendaman, namun belum tentu udang yang baru dibeli sudah dalam keadaan bersih. Biasanya ketika baru dibeli, udang masih berbau amis dan bahkan terdapat kotoran.

Untuk mengatasi hal tersebut, udang bisa dicuci dengan air mengalir. Proses ini memastikan bila kotoran yang ada dalam udang sudah hilang dan udang nggak terlalu berbau amis.

2. Buang bagian kepala

Setelah dicuci, langkah selanjutnya adalah membuang bagian kepala udang. Kita bisa membuang kepala udang dengan memutar bagian kepala hingga terlepas. Namun bila kita ingin memasak udang secara utuh, kita bisa memotong bagian kumisnya saja.

Hal ini membantu memudahkan ketika mengonsumsi udang. Biasanya udang yang dimasak bersama dengan kepalanya adalah udang yang berukuran besar karena bagian kepala masih terdapat daging udang.

3. Bersihkan punggung udang

Setelah membersihkan bagian kepala, bagian punggung udang juga harus dibersihkan dengan baik. Cara membersihkan punggung udang yang paling mudah adalah dengan mengupas cangkangnya kemudian belah bagian punggung udang.

Bila ada semacam benang berwarna hitam, itu adalah kotoran udang yang harus dibuang. Bila memasak udang secara utuh dan nggak ingin mengupas kulitnya, kita bisa menggunakan gunting untuk membersihkan bagian punggung udang dengan cara yang sama. Langkah ini memang sedikit rumit karena harus dibersihkan secara satu persatu, namun tetap harus dilakukan agar udang bisa bersih dengan maksimal.

4. Lumuri dengan perasan jeruk dan garam

Sama seperti hewan laut lainnya, udang juga mempunyai aroma amis. Agar bau amis pada udang bisa hilang, kita bisa melumurinya dengan perasan jeruk dan juga garam. Remas-remas sebentar udang yang sudah dibersihkan dan diberi air perasan jeruk dan garam, kemudian cuci kembali udang hingga bersih.

5. Rendam dengan cuka

Bila kita memasak daging udang saja namun kesulitan untuk mengupas cangkangnya, kita bisa merendam udang dengan larutan cuka. Hal ini karena bagian cangkang termasuk keras dan susah untuk dibuka. Rendam udang dalam larutan cuka selama beberapa saat, kemudian kita bisa mengupas cangkangnya dengan lebih mudah.

Endeustorial

Ikuti Instagram