Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Aneka lauk di bawah ini sudah siap menanti untuk disajikan bersama nasi kapau khas Bukittinggi Sumatera Barat.

Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke daerah Bukittinggi, Sumatra Barat? Di sana terdapat sajian nasi khas dengan berbagai lauk yang disebut dengan nasi kapau. Sajian nasinya sudah seperti warteg bagi masyarakat daerah sana.

Meski pun sama-sama berasal dari Sumatra Barat, tetapi nasi kapau berbeda dengan nasi padang ya. Nasi Kapau memiliki menu yang lebih lengkap daripada nasi padang. Bahkan beberapa menu nggak tersedia di restoran padang seperti gulai gajebo dan gulai tambusu.

Untuk bisa mencicipi nasi kapau, kita harus pergi ke daerah Bukittinggi yang jaraknya kurang lebih 115 km dari Kota Padang. Meski pun jauh tetapi kita nggak akan menyesal karena semua itu akan terbayarkan lunas ketika mencicipi endeusnya kuliner nasi kapau.

Bagi kita yang tertarik untuk mencicipi nasi kapau, berikut di bawah ini beberapa rekomendasi lauk yang dijamin enak!

1. Usus sapi isi talua

Sajian yang menggunakan bagian usus dari sapi ini bentuknya mirip sosis berukuran besar. Biasanya dimasak dengan menggunakan bumbu kunyit. Maka nggak heran bila warna kuahnya kuning. Apalagi teksturnya yang kenyal dengan rasanya yang gurih ini, membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan. Layaknya dengan menu nasi padang, usus sapi isi talua bisa disajikan dengan siraman kuah rendang dan daun singkong rebus.

2. Rendang Talua

Jika ada usus sapi isi talua maka ada juga rendang talua. Talua atau telur ini diolah dengan menggunakan bumbu rendang. Rasa telur yang sederhana dipadukan dengan bumbu rendang yang kaya akan rempah-rempah ini akan menghasilkan citarasa yang khas dan pas.

Rendang talua sendiri terbagi dalam dua jenis. Ada yang kering dan ada yang basah. Untuk jenis yang basah biasanya dimakan langsung di tempat bersamaan dengan nasi kapau. Namun jika susah lepas dari kelezatan rendang talua ini maka pilihlah rendang talua kering karena bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Gulai tunjang

Inilah yang menjadi ciri khas dari setiap masakan Sumatra Barat. Namanya adalah gulai tunjang sapi. Gulai ini menggunakan bahan tunjang yang merupakan kikil atau kulit pada bagian lutut hingga kaki sapi.

Memiliki tekstur empuk karena tunjang telah direbus lama. Bahkan beberapa ada yang mengatakan rasa tunjang lebih enak dari daging. Tertarik untuk mencobanya? Bisa melihat resep gulai tunjang ini.

4. Dendeng balado

Dendeng balado menjadi lauk favorit untuk disandingkan dengan nasi kapau. Dendeng merupakan sajian daging yang diiris tipis dengan bumbu balado. Ciri khas dari dendeng balado ini adalah warna merahnya yang merona khas bumbu Sumat

Home
Pencarian
Profil
Lainnya