Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tuna langka dilelang dengan harga fantastis.

"

Hari sabtu minggu pertama di tahun baru merupakan ajang lelang ikan bergengsi di pasar ikan di Jepang. Pemilik restoran sushi Kiyoshi Kimura merogoh kocek sebesar 333.6 juta Yen atau setara Rp 43,8 miliar untuk seekor ikan tuna Bluefin. Pembelian ikan seberat 278 kg memecah rekor ikan termahal di dunia tahun 2013 yang juga dibeli oleh Kiyoshi.

Tuna Bluefin bisa semahal itu karena terdaftar sebagai hewan terancam punah akibat overfishing selama empat dekade belakangan. Namun tekstur bagian daging berlemak dan rasa laut segar membuat daging hewan ini malah makin diminati konsumen. Selain itu penanganannya cukup panjang dan teliti. Umumnya ikan setelah dilelang nelayan akan dijual langsung ke distributor lalu ke konsumen. Sementara di Jepang dimulai dari nelayan ke koperasi diserahkan ke pemerintah sebagai penyelenggara lelang. Kemudian ke grosir menengah, grosir akhir, dan restoran atau hotel. Adanya budaya orang Jepang yang memulai tahun baru dengan produk terbaik, maka kebaikan akan mengikuti sepanjang tahun. Tak heran pengusaha restoran seperti Kiyoshi berlomba memenangkan lelang ikan pada pembukaan tahun.

Pelelangan tahunan ini dilakukan di pasar ikan baru yakni Toyosu di kota Tokyo. Pasar dibuka sejak 11 oktober 2018 menggantikan pasar ikan Tsukiji. Pasar Tsukiji sendiri ditutup karena struktur gedung yang dibangun tahun 1935 sudah sangat tua. Pasar Toyosu dibangun 1.8 kali lebih luas daripada Tsukiji. Selain lebih modern, fasilitas umum seperti stasiun kereta tersambung langsung ke pasar memudahkan untuk dijangkau turis.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.