Trik Membuat Sup Ikan Anti Amis Untuk Bekal Piknik Anak
Trik Membuat Sup Ikan Anti Amis Untuk Bekal Piknik Anak

Salah satu menu simple namun bergizi untuk bekal piknik adalah sup ikan. Berikut ini beberapa cara membuat sup ikan yang tidak amis.

Sebagian besar orang menghindari menu yang berkuah seperti sup ikan untuk bekal piknik karena ribet dan takut tumpah. Sekarang sudah ada wadah bekal khusus yang bisa digunakan untuk membawa makanan berkuah serta menjaganya agar tetap hangat. Seperti semacam termos kecil yang praktis dibawa kemana saja. Agar sup ikan lebih sedap, lakukan beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan bau amis.

1/ Pilih Jenis Ikan

Ikan yang tepat untuk dibuat menjadi sup adalah ikan laut yang berdaging putih misalkan kakap, tenggiri, kerapu, ikan ekor kuning, dan ikan dori. Agar lebih mudah ketika dimakan, ENDEUSiast bisa menggunakan fillet ikan sehingga nanti tidak ribet ketika di tempat piknik.

2/ Ikan Harus Segar

Salah satu kunci sup ikan tidak amis adalah menggunakan ikan yang masih segar. Sebisa mungkin hindari memilih ikan yang beku karena rasa ikan segar lebih sedap dan tidak amis. Ikan yang segar bisa dilihat dari insangnya yang berwarna merah serta tekstur daging yang masih kenyal dan tidak lembek. Hati-hati bila memilih ikan yang terlihat segar namun insangnya sudah pucat, bisa jadi ikan tersebut mengandung pengawet.

3/ Bersihkan Ikan dengan Benar

Bila menggunakan fillet ikan, ENDEUSiast cukup mencucinya di bawah air mengalir. Namun bila menggunakan ikan utuh, ENDEUSiast perlu membersihkan ikan dengan seksama. Bersihkan sisik ikan, buang mulut, sirip, dan insang ikan agar ikan tidak amis. Sup ikan biasanya menjadi amis karena ikan tidak dibersihkan dengan benar sehingga proses ini sangatlah penting.

4/ Berikan Ikan dengan Bahan Anti Amis

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. ENDEUSiast bisa menggunakan bahan alami ini seperti jeruk nipis, cuka, lemon, dan sebagainya untuk mengurangi bau amis pada ikan. Lumuri ikan dengan bahan-bahan tersebut setelah dibersihkan dan diamkan selama beberapa saat. Cara ini juga bisa digunakan untuk jenis makanan lain seperti ikan goreng ataupun pepes ikan.

5/ Masukkan Ikan Ketika Bumbu Sudah Matang

Salah satu cara untuk menutupi rasa amis pada sup ikan adalah dengan menggunakan bumbu dan rempah yang melimpah. ENDEUSiast bisa menggunakan rempah aromatic seperti serai, jahe, daun salam, daun jeruk purut, dan sebagainya. Masukkan ikan pada kuah hanya ketika bumbu sudah matang dengan sempurna. Hal ini karena ikan tidak perlu dimasak dalam waktu yang lama.

Hindari juga terlalu sering mengaduk sup ikan karena akan membuat ikan menjadi hancur. Setelah sup ikan matang, segera masukkan ke dalam wadah bekal kedap udara sehingga sup akan tetap hangat hingga ke tempat piknik.

Endeustorial

Ikuti Instagram