Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Gaya minum teh yang rumit tak hanya kebiasaan bangsa Inggris. Berikut ini beberapa negara yang memiliki tradisi minum teh

Minum teh adalah salah satu tradisi yang banyak dilakukan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Bahkan minum teh sudah menjadi tradisi di negara-negara tertentu. Tradisi minum teh di berbagai negara tentu saja berbeda dan unik. Beberapa tradisi minum teh sudah dilakukan sejak berabad-abad silam seperti tradisi afternoon tea di Inggris. Selain Inggris, 7 negara ini juga mempunyai tradisi minum teh yang sama.

1/ Maroko

Maroko mempunyai sajian teh yang khas disebut touareg , Minuman ini disebut juga sebagai teh mint maghrebi yang merupakan perpaduan antara teh hijau, daun mint, dan gula. Teh Maroko ini mempunyai penyajian yang unik yaitu dituang dari atas seperti teh tarik. Kalau berkunjung ke Maroko, menolak touareg ini bisa dianggap sebagai perilaku yang tidak sopan dan kasar.

2/ Rusia

Dikenal sebagai negara bersalju ‘abadi’, tidak heran bila orang Rusia suka dengan minuman hangat seperti teh. Di Rusia, teh dihidangkan sebagai salah satu cara untuk menghormati tamu. Teh yang digunakan adalah teh zavarka berwarna hitam pekat. Teh yang disajikan di Rusia biasanya juga disajikan dengan kue-kue manis untuk menyeimbangkan rasa teh yang pahit.

3/ Jepang

Tradisi minum teh di Jepang sudah ada pada abad ke 12 yang dipopulerkan oleh biarawan Cina dan Buddha zen. Jenis teh yang populer untuk perjamuan minum teh adalah teh hijau atau matcha berupa bubuk. Saking senangnya dengan teh, orang Jepang mempunyai upacara minum teh khusus yang masih bisa ditemui hingga sekarang.

4/ Tiongkok

Tiongkok adalah negara pertama yang menemukan teh. Ada tiga jenis teh yang populer yaitu teh oolong, pu-erh , dan teh hijau. Biasanya dinikmati dengan gelas kecil yang dinikmati dalam upacara khusus atau hari raya. Salah satu yang populer adalah pu-erh, teh ini dijual berbentuk gumpalan membatu mirip konde rambut. Tapi jangan menilai dari tampilannya. Khasiat kesehatan yang tinggi dan terbukti membuat jenis pu-erh salah satu teh termahal dari Tiongkok.

5/ Belanda

Belanda juga mempunyai tradisi minum teh yang unik. Teh biasanya diminum sebelum makan siang, antara pukul 10-11 dan setelah makan malam, antara pukul 7-8 malam. Di Belanda, teh biasanya disajikan dengan sekeping biskuit yang diletakkan di pinggir cangkir. Teh yang disajikan di Belanda juga lebih encer daripada teh di Inggris dan tanpa menggunakan campuran susu.

6/ Argentina

Di Argentina, teh dikenal dengan nama Yerba Mate (Baca: Ma-tay). Sebenarnya minuman ini bukanlah berasal dari teh yang biasanya namun melainkan dari tumbuhan yang tumbuh di semak. Teh Argentina ini biasanya disajikan dalam teko kecil dan diminum dengan sedotan khusus yang disebut bombilla .

7/ India

India juga merupakan salah satu negara yang gemar mengkonsumsi teh. India salah satu eksportir teh terbanyak di dunia. Teh India yang populer adalah chai yang merupakan campuran dari teh hitam, dengan rempah-rempah. Chai ini biasanya disajikan dalam cangkir tanah liat kecil yang diminum bersama makanan ringan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.