Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tradisi menyeruput secangkir kopi tak hanya milik Indonesia. Beberapa negara berikut juga memiliki tradisi serupa dan cukup unik. Penasaran?

Tradisi minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang. Sehingga minum kopi tidak lagi sekedar menyeduh kopi dan minum. Tradisi minum kopi kini sudah menjadi salah satu bagian dari budaya dan juga identitas suatu kelompok yang diturunkan dari generasi ke generasi. Hampir semua negara di dunia ini mempunyai tradisi minum kopi, seperti pada 5 negara ini.

1/ Merienda, Argentina

Masyarakat di beberapa negara di Amerika Latin biasanya minum kopi diantara jam makan siang dan makan malam. Di Argentina, kebiasaan minum kopi ini disebut dengan merienda. Orang Argentina biasanya minum kopi dengan susu dan croissant atau teh dan roti panggang dan juga submarina, yaitu susu panas dengan potongan coklat yang dicelup di dalamnya.

2/ Gabelfrühstück, Jerman

Di Jerman atau Austria, Gabelfrühstück bermakna ‘sarapan kedua’. Sarapan yang pertama biasanya dilakukan dengan cepat, yaitu biasanya secangkir kopi dan roti atau buah. Sedangkan untuk sarapan kedua biasanya dilakukan di antara jam 10-11. Ketika sarapan kedua biasanya orang Jerman minum cangkir kedua kopi dengan kue-kue sebagai pendamping.

3/ Buna Tetu, Ethiopia

Ethiopia juga mempunyai tradisi minum kopi yang disebut dengan Buna Tetu. Buna Tetu dalam bahasa Ethiopia berarti ‘minum kopi’, yaitu upacara minum kopi yang membutuhkan persiam selama berjam-jam dan biasanya dilakukan tiga kali sehari. Buna tetu adalah waktu yang tepat untuk bersosialisasi dan sudah menjadi bagian budaya dari negara tersebut. Upacara minum kopi ini dilakukan oleh seorang perempuan dengan ritual untuk mengusir roh jahat. Ritual yang dilakukan meliputi menyangrai biji kopi mentah, menggiling, hingga kopi siap diseduh.

4/ Smoko, Selandia Baru

Di Selandia Baru, ada satu tradisi minum kopi yang disebut dengan smoko. Tradisi ini adalah waktu untuk minum kopi dan biasanya ditemani dengan rokok. Tradisi ini muncul ketika pekerja di Selandia Baru memenangkan hak untuk istirahat pagi dan siang. Istilah smoko muncul ketika jeda istirahat tersebut. Istilah smoko kini tidak hanya digunakan untuk menyebut istirahat kerja saja namun juga untuk menyebut jeda minum kopi atau makan camilan.

5/ Fika, Swedia

Fika adalah salah satu tradisi kopi di Swedia dan sudah menjadi rutinitas hari-hari kerja di Swedia. Tradisi ini adalah waktu pada pekerja untuk mengobrol dan makan kue-kue manis. Kedai kopi di Swedia ini biasanya tidak jauh dari konsep fika sehingga orang-orang bisa melewati waktu dengan bersantai, bersosialisasi, dan menikmati kopi.

Selain negara-negara di atas, tradisi minum kopi yang sudah menjadi bagian dari budaya juga bisa ditemukan di Turki, Senegal, dan negara-negara lain. Kalau di Indonesia, tradisi minum kopi bisa berbeda-beda ya tergantung dengan daerah masing-masing.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.