Tips Untuk Menyiapkan Pesta Barbeque di Rumah
Tips Untuk Menyiapkan Pesta Barbeque di Rumah

Pesta barbeque emang hal yang akrab untuk merayakan pergantian tahun baru. Berikut ini tips untuk menyiapkan pesta tersebut.

Merayakan pesta malam tahun baru biasanya dilalui dengan makan bersama. Nah, barbeque adalah yang biasa dipilih untuk memeriahkan malam pergantian tahun. Kegiatan memanggang makanannya ini yang nggak boleh dilewatkan.

Makanya ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika siap menggelar pesta barbeque. Kita pasti mau kan di malam yang datangnya satu tahun sekali ini bisa menikmati makanan yang dipanggang. Untuk itu ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan.

Karena pada dasarnya menyiapkan pesta barbeque nggak sekadar ada daging dan arang aja. Dengan mengikuti tips dari Endeus yang satu ini, di malam tahun baru nanti kita nggak akan menghabiskan malam yang “garing.”

Biar nggak penasaran lagi, langsung aja simak apa aja yang perlu dipersiapkan untuk membuat pesta barbeque di rumah.

1. Arang

Seperti yang udah disebutkan di atas, arang memang menjadi salah satu yang penting. Sebagai salah satu bahan pembakar daging, yang satu ini memang wajib untuk dimiliki. Agar malam tahun baru kita makin terkesan, pastikan memilih arang yang tepat.

Ada beberapa jenis arang yang bisa dipilih, seperti misalnya arang kayu, arang batok kelapa, arang briket, dan arang batu bara. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Nggak harus daging

Yes, pesta barbeque emang identik dengan daging. Seperti misalnya daging sapi, ayam, ikan, hingga hidangan laut. Tapi untuk menghemat budget bisa juga dengan menambahkan sayuran.

Ada beberapa pilihan sayuran yang juga cocok untuk dibakar, misalnya paprika yang memang udah sering dijadikan sebagai “selingan” dalam tiap satu tusuk barbeque. Juga bisa menggunakan zucchini, jamur kancing, dan jagung manis.

3. Bikin saus sendiri

Yang satu ini juga penting untuk menambahkan rasa pada tiap item yang dibakar. Tanpa ada saus, akan terasa hambar di mulut. Nah untuk itu, disarankan untuk membuat sausnya sendiri daripada beli.

Mengapa? Karena pertama harganya yang cukup mahal. Kedua, saus sering terbuang ketika pesta barbeque telah selesai. Jadi biar nggak sayang karena terbuang, bisa buat sendiri dengan porsi yang disesuaikan dengan makanan yang dibakar.

Untuk membuatnya bisa mencampurkan saus tomat dengan bawang putih, merica hitam, dan sedikit olive oil.

4. Sediakan camilan lain

Selain berbagai macam sajian untuk barbeque, sajikan juga camilan lain. Misalnya chips yang enak untuk disantap bersamaan dengan daging yang kita bakar.

Perlu diperhatikan lagi untuk menyajikan makanan penutup. Pilih makanan yang rasanya manis. Misalnya bisa memilih puding, kue, dan lain sebagainya.

5. Perhatikan saat proses memanggang

Memanggang emang terlihat gampang, tapi perlu ketelitian. Jangan sampai daging yang kita bakar gosong. Selain mubazir, kita juga membuang arang yang menjadi percuma.

Nah itu adalah tips yang bisa dilakukan ketika ingin merayakan malam tahun baru dengan barbeque di rumah. Selamat mencoba dan selamat tahun baru.

Lion Haloho