Tips Sukses Membuat Resep Masakan Brownies Panggang
Tips Sukses Membuat Resep Masakan Brownies Panggang

Membuat resep masakan kue brownies panggang memerlukan pengolahan yang tepat agar hasilnya menjadi enak dan empuk. Berikut tipsnya!

Membuat resep masakan kue brownies panggang memerlukan pengolahan yang tepat agar hasilnya menjadi enak dan empuk. Berikut tipsnya!

Mungkin selama ini bila hendak memakan kue brownies lebih baik membelinya di luar daripada harus ribet membuat sendiri di rumah. Memang, membuat kue brownies panggang tidak semudah yang dibayangkan. Untuk membuat tekstur fudgy (perpaduan renyah pada permukaan kue dan lembut di bagian bawah kuenya) diperlukan tips khusus. Bagi yang belum paham caranya, pasti akan merasa kesulitan. Mungkin ENDEUSiast pernah merasa, sudah dipanggang berkali-kali tapi tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut tips supaya brownies panggangmu berhasil.

1.

Pemilihan Cokelat

Bahan untuk membuat brownies sebenarnya mudah untuk dicari dan tidak mahal. Tetapi, detail proses memasakannya harus benar-benar diperhatikan. Pembuatan brownies tentu tidak lepas dari cokelat. Pemilihan cokelat yang berkualitas bisa mempengaruhi rasa dari brownies.

Maka, pilihlah jenis cokelat yang tidak terlalu manis yaitu dengan kadar gula yang rendah atau bisa juga gunakan dark cooking chocolate yang biasa digunakan untuk pembuatan kue cokelat. Menggunakan cokelat dengan kualitas terbaik akan menghasilkan rasa cokelat yang pekat pada setiap gigitan brownies.

1.

Resep

ENDEUSiast harus memperhatikan resep pembuatan brownies cokelat ini. Siapkan semua bahan-bahannya sesuai dengan yang tertera di resep, lalu campurkan bahan ke dalam satu wadah besar dan aduk hingga rata.

Untuk menciptakan kue brownies dengan tekstur fudgy , ENDEUSiast tidak perlu mengaduknya terlalu lama, karena hal itu akan membuat tekstur dari browniesnya menjadi keras. Bila ENDEUSiast menggunakan alat seperti hand mixer maka atur speed yang paling rendah.

1.

Proses Memanggang

Jika adonan sudah siap, masukkan adonan ke dalam loyang kue yang telah dilapisi dengan kertas kue atau aluminium foil, supaya adonan di dasar loyang tidak lengket. Sebelum dipanggang, pastikan oven sudah dalam keadaan panas. Masukkan adonan tadi, lalu panggang sekitar 30 menit dan angkatlah ketika permukaan pada browniesnya sudah terlihat mengeras. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga dingin, kue brownies akan otomatis menjadi padat.

1.

Tips & Trick

Sebelum disantap, diamkan brownies terlebih dahulu sekitar 10 menit hingga tekstur brownies menjadi fudgy. Lalu, bagaimana bila lupa meletakkan kertas kue di dasar loyang? Tentu akan sulit diambil kan malah bisa saja jadi hancur. Untuk menyiasatinya, ENDEUSiast bisa memanaskan loyang di atas kompor dengan menggunakan api kecil. Perlahan-lahan kue akan lepas sendiri dari loyang. Tetapi jangan terlalu lama dipanaskan, nanti browniesmu bisa gosong.

Endeustorial

Ikuti Instagram