Cara Memasak Rawon yang Segar dan Mantap
Cara Memasak Rawon yang Segar dan Mantap

Rawon Daging yang Segar dan Mantap, Simak Cara Membuatnya

Bagi beberapa orang, cara memasak rawon cukup rumit. Ternyata tidak demikian! Yuk, cek beberapa tips dan cara memasak rawon yang benar berikut ini.

Cara memasak rawon daging selalu memiliki trik sukses. Sebagai salah satu makanan yang populer di Indonesia, rawon menjadi favorit banyak orang. Yang unik dari rawon ini adalah kuahnya yang berwarna hitam, warna hitam ini berasal dari keluak. Sebenarnya cara memasak rawon tidak terlalu berbeda dengan masakan Indonesia yang lain, hanya saja penggunaan keluak sudah cukup mengintimidasi.

Dalam memasak rawon ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Sehingga kuah rawon bisa sedap dan dagingnya empuk. Berikut ini beberapa tips dan cara memasak rawon daging .

1/ Gunakan keluak yang Sudah Tua

Salah satu bumbu utama rawon adalah keluak. keluak inilah yang memberikan warna hitam pada kuah rawon. Agar rawon menjadi lebih sedap pilih keluak yang sudah tua. Cara memilih keluak yang sudah tua adalah dengan mengocok keluak didekat telinga. Bila terdengar suara berarti keluak sudah tua dan bisa digunakan untuk rawon (daging keluak tua sudah lepas dari kulitnya, sehingga saat digoyang akan memantul).

Cara mengambil keluak adalah dengan memecah kulitnya menggunakan palu/pemukul daging/batu cobek. Kemudian kerok daging keluak dengan sendok dan pindahkan dalam mangkok. Lalu rendam daging keluak dengan air panas ubtuk menghilangkan rasa getir atau pahit.

2/ Sangrai Kemiri dan Ketumbar

Beberapa orang mungkin langsung menghaluskan semua bumbu rawon. Namun salah satu trik agar kuah rawon lebih sedap adalah dengan menyangrai kemiri dan ketumbar terlebih dahulu. Rasa gurih dari kemiri dan harum ketumbar akan lebih terasa setelah disangrai. Kemudian haluskan kemiri dan ketumbar sangrai dengan bumbu yang lain.

3/ Gunakan Air Kaldu

Salah satu kunci kelezatan kuah rawon adalah penggunaan air kaldu. ENDEUSiast bisa menggunakan air kaldu dari daging sapi dengan cara merebusnya. Pertama rebus daging sapi selama 5 menit atau hingga keluar kotorannya, kemudian buang/saring kotorannya. Rebus kembali daging dengan ditambah bawang putih, daun bawang, dan jahe. Rebus hingga mendidih dan harum. Air kaldu siap digunakan sebagai kuah dasar rawon.

4/ Tumis Bumbu Hingga Matang

Selain dari air kaldu, kelezatan rawon juga ditentukan oleh bumbunya. Bumbu halus untuk rawon haruslah benar-benar matang. Jangan sampai ada aroma bumbu mentah atau sengir dari keluak. ENDEUSiast bisa menumis bumbu rawon agak lama atau hingga keluar minyak dari bumbu.

Beberapa orang menggunakan daging yang sedikit berlemak untuk rawon karena memberikan rasa yang gurih, lezat dan tekstur yang bervariasi. Sajikan rawon dalam keadaan panas dengan beberapa pelengkap seperti taoge pendek, bawang goreng, telur asin, sambal cabai rebus, dan kerupuk udang.

Endeusiast ada tips cara memasak rawon jitu? Atau bisa coba tips-tips ini saat membuat rawon di rumah. Anda juga bisa mencoba resep rawon daging tempe dan rawon ayam yang kuahnya gurih banget di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram