Bagi beberapa orang, rawon cara memasaknya cukup rumit. Berikut ini beberapa tips dan cara memasak rawon yang benar.

Sebagai salah satu makanan yang populer di Indonesia, rawon menjadi favorit banyak orang. Yang unik dari rawon ini adalah kuahnya yang berwarna hitam, warna hitam ini berasal dari keluak. Sebenarnya cara memasak rawon tidak terlalu berbeda dengan masakan Indonesia yang lain, hanya saja penggunaan keluak sudah cukup mengintimidasi.

Dalam memasak rawon ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Sehingga kuah rawon bisa sedap dan dagingnya empuk. Berikut ini beberapa tips dan cara memasak rawon .

1/ Gunakan keluak yang Sudah Tua

Salah satu bumbu utama rawon adalah keluak. keluak inilah yang memberikan warna hitam pada kuah rawon. Agar rawon menjadi lebih sedap pilih keluak yang sudah tua. Cara memilih keluak yang sudah tua adalah dengan mengocok keluak didekat telinga. Bila terdengar suara berarti keluak sudah tua dan bisa digunakan untuk rawon (daging keluak tua sudah lepas dari kulitnya, sehingga saat digoyang akan memantul).

Cara mengambil keluak adalah dengan memecah kulitnya menggunakan palu/pemukul daging/batu cobek. Kemudian kerok daging keluak dengan sendok dan pindahkan dalam mangkok. Lalu rendam daging keluak dengan air panas ubtuk menghilangkan rasa getir atau pahit.

2/ Sangrai Kemiri dan Ketumbar

Beberapa orang mungkin langsung menghaluskan semua bumbu rawon. Namun salah satu trik agar kuah rawon lebih sedap adalah dengan menyangrai kemiri dan ketumbar terlebih dahulu. Rasa gurih dari kemiri dan harum ketumbar akan lebih terasa setelah disangrai. Kemudian haluskan kemiri dan ketumbar sangrai dengan bumbu yang lain.

3/ Gunakan Air Kaldu

Salah satu kunci kelezatan kuah rawon adalah penggunaan air kaldu. ENDEUSiast bisa menggunakan air kaldu dari daging sapi dengan cara merebusnya. Pertama rebus daging sapi selama 5 menit atau hingga keluar kotorannya, kemudian buang/saring kotorannya. Rebus kembali daging dengan ditambah bawang putih, daun bawang, dan jahe. Rebus hingga mendidih dan harum. Air kaldu siap digunakan sebagai kuah dasar rawon.

4/ Tumis Bumbu Hingga Matang

Selain dari air kaldu, kelezatan rawon juga ditentukan oleh bumbunya. Bumbu halus untuk rawon haruslah benar-benar matang. Jangan sampai ada aroma bumbu mentah atau sengir dari keluak. ENDEUSiast bisa menumis bumbu rawon agak lama atau hingga keluar minyak dari bumbu.

Beberapa orang menggunakan daging yang sedikit berlemak untuk rawon karena memberikan rasa yang gurih, lezat dan tekstur yang bervariasi. Sajikan rawon dalam keadaan panas dengan beberapa pelengkap seperti taoge pendek, bawang goreng, telur asin, sambal cabai rebus, dan kerupuk udang.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.