Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Tips puasa sehat adalah dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk makan buah agar bisa mendapatkan banyak nutrisi dan badan tetap fit.

Kita memang disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Namun, pada saat puasa tentu nggak bisa sebebas seperti hari biasanya. Maka dari itu kita perlu tips puasa sehat untuk bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bisa mengonsumsi buah.

Ketika puasa, tubuh kita nggak akan menerima asupan makanan dan minuman selama seharian. Meski begitu, tubuh kita tetap harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat sebagai cadangan energi selama puasa.

Ada banyak makanan sehat, salah satunya adalah buah-buahan yang mengandung banyak zat gizi. Untuk mengonsumsi buah di bulan puasa tentu akan berbeda dari hari biasa. Maka dari itu disarankan untuk mengikuti aturan konsumsi buah yang tepat selama berpuasa.

Pada saat buka puasa, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang manis agar dapat mengumpulkan energi yang hilang selama puasa. Nah, bila kita hendak mengonsumsi buah disarankan diolah menjadi jus. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat menyerap dengan mudah dan cepat dari sari buah yang dijadikan jus.

Selain itu, mengonsumsi jus buah ketika buka puasa juga dapat membantu penyerapan gula dengan cepat sehingga kita nggak akan merasa lemas lagi. Dengan seperti itu maka kita udah bisa melanjutkan aktivitas dengan penuh energi dan siap untuk berpuasa keesokan harinya. Ada banyak kreasi buah yang bisa kita jadikan jus, seperti pada resep membuat jus wortel pir ini.

Berbeda pada saat buka puasa, ketika kita hendak mengonsumsi buah pada saat sahur maka disarankan untuk makan dalam bentuk buah segar, bukan dijadikan jus ya! Buah yang diolah menjadi minuman jus, justru akan menghilangkan serat dan mempercepat penyerapan gula.

Padahal ketika sahur kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa menyerap gula dengan perlahan. Dengan seperti ini maka kita nggak akan merasa lemas ketika berpuasa.

Konsumsilah buah segar yang memiliki kandungan serat tinggi karena kita pastinya membutuhkan energi selama berpuasa biar nggak mudah lemas. Beberapa buah yang bisa kita makan di antaranya adalah apel, alpukat, pisang hingga mangga. Konsumsi secukupnya aja ya!

Dalam mengonsumsi buah, kita juga harus bisa memperhitungkan waktunya. Beberapa masih ada yang menerapkan makan buah setelah makan berat. Padahal waktu makan seperti ini nggak disarankan.

Lalu bagaimana waktu yang tepat? Waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah yakni sebelum makan berat. Beri jeda sekitar 30 menit baru kita bisa langsung mengonsumsi makanan berat.

Manfaat memakan buah sebelum makan berat adalah dapat membantu membantu tubuh menyerap kandungan nutrisi pada buah dengan baik. Dalam buah juga terdapat kandungan vitamin dan mineral yang lebih mudah dicerna bila dibandingkan dengan makanan berat.

kita juga bisa mengonsumsi buah setelah makan tetapi tetap beri jeda selama 30 menit dulu ya! Hal ini bertujuan agar nutrisi yang ada pada makanan berat dapat terserap terlebih dahulu ke dalam tubuh.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya