Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Kita perlu tau tips puasa sehat agar terbebas dari penyakit yang dapat menghambat puasa, salah satunya adalah sakit tenggorokan.

Ketika berpuasa, tubuh melakukan banyak perubahan. Dari yang biasanya makan sehari tiga kali, kini harus bisa menahannya hingga magrib dan kembali lagi makan yang kedua kalinya pada saat sahur. Maka dari itu kamu perlu tahu tips puasa sehat agar tubuh selalu fit dan terbebas dari penyakit.

Sakit tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang pada saat puasa. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan. Mungkin saja pada saat sahur, kita kurang minum. Maka dari itu disarankan untuk bisa membagi waktu agar bisa minum air putih yang cukup. Aturannya bisa menjadi 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari.

Bila kita tidak minum air putih dengan cukup maka ketika sedang menjalani puasa, tubuh akan menjadi kekurangan cairan. Bila sudah terkena dehidrasi maka tubuh akan lemas. Selain itu juga akan menimbulkan sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan juga bisa diakibatkan oleh seringnya makan gorengan ketika berbuka puasa.

Maka dari itu kita perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk bisa mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh. Kita juga bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini agar tidak memperparah kondisi sakit tenggorokan.

1. Sup Ayam

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan karena dehidrasi dan peradangan. Maka untuk mengobatinya sebaiknya konsumsi makanan yang bertekstur lembut seperti sup ayam. Kita bisa mengkonsumsi sup ayam sebagai menu berbuka puasa atau saat sahur.

Cairan yang terdapat pada kaldu dalam sup ayam dapat mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh. selain itu, terdapat juga kandungan anti-inflamasi yang berfungsi untuk menyembuhkan luka tenggorokan dan mencegah berkembangnya virus.

Biasanya dalam masakan sup ayam mengandung garam. Nah, bumbu masak ini juga bisa membantu untuk menahan cairan di dalam jaringan tubuh loh. Gunakan garam secukupnya saja ya agar masakan tidak terlalu asin. Untuk resep sup ayam bisa dilihat di sini. Selamat mencoba!

2. Smoothie

Selain makanan, ada juga minuman seperti smoothie yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai smoothie di antaranya adalah buah berry, seledri hingga kangkung. Ketiga bahan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengobati sakit tenggorokan. Kita juga bisa mencampurkan jeruk peras agar terasa segar.

Disarankan untuk mengonsumsi smoothie setidaknya dalam satu gelas sehari. Dalam kondisi puasa seperti ini maka kita bisa menyajikannya sebagai menu berbuka puasa. Jangan lupa imbangi dengan air putih ya,

3. Madu

Khasiat madu sudah nggak perlu diragukan lagi. Sejak jaman dahulu, madu telah dimanfaatkan sebagai obat untuk segala macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri maupun virus, begitu juga sakit tenggorokan.

Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan madu secukupnya di segelas air hangat. Kita bisa meminumnya pada saat buka puasa dan sahur agar sakit tenggorokan cepat membaik.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya