Begini cara memilih ikan pindang yang masih bagus, ENDEUSiast sudah tahu?

Ikan pindang merupakan salah satu cara mengawetkan ikan yang populer di Indonesia. Cara ini biasa dilakukan ketika panen ikan sedang banyak sehingga diperlukan cara untuk mengawetkan ikan dengan cara dikukus. Meskipun ikan sudah dikukus, namun kandungan gizi ikan pindang tetap bagus. Namun, ikan pindang kini banyak yang dicampur dengan bahan-bahan berbahaya agar bisa bertahan lebih lama. Berikut ini beberapa tips memilih ikan pindang yang bagus.

1/ Perhatikan Tekstur Ikan

Sama dengan memilih ikan segar , ikan pindang yang masih bagus bisa dilihat dari teksturnya. Ikan pindang yang masih bagus mempunyai tekstur daging yang empuk ketika ditekan. Hal ini karena semua ikan pindang sudah direbus terlebih dahulu sebelum dijual hingga durinya juga ikut lunak. Bila daging ikan pindang terasa keras dan kenyal, ENDEUSiast patut waspada karena ikan pindang tersebut bisa jadi mengandung bahan berbahaya. Selain itu, perhatikan juga bentuk ikan apakah masih utuh atau sudah patah-patah.

2/ Lihat Warna Kulit Ikan

Ikan pindang yang segar juga bisa dilihat dari warna kulitnya. Ikan yang berwarna kuning terang atau orange memang terlihat menarik, namun ENDEUSiast perlu waspada dengan ikan pindang yang berwarna demikian. Ikan pindang yang masih segar haruslah berwarna kuning pucat, putih pucat, atau kusam. Namun bila warna kulit ikan terlihat mencolok, biasanya ikan sudah diberi bahan berbahaya agar terlihat menarik.

3/ Perhatikan Aroma Ikan

Selain warna ikan, kualitas ikan pindang juga bisa dilihat dari aromanya. Ikan pindang yang masih bagus mempunyai aroma amis khas ikan. Bahkan ketika ikan diberi tambahan bumbu, aromanya tetap aroma ikan dan aroma rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, dan sebagainya. Bila ikan tidak berbau amis atau tanpa bau sama sekali, sebaiknya ENDEUSiast menghindarinya karena bisa saja ikan tersebut mengandung bahan berbahaya.

4/ Tes Ketahanan Ikan

Ikan pindang memang sudah dimasak sebelum dijual, meskipun begitu ikan pindang tetap tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Ikan pindang ini bisa bertahan selama 3 hari dalam kulkas dan 1 hari di suhu ruang. Kalau disimpan dalam freezer, ikan pindang bisa bertahan hingga seminggu saja. Bila ikan pindang bisa bertahan lebih dari 3 hari di suhu ruang, bisa jadi ikan tersebut sudah diberi bahan pengawet agar tidak mudah busuk.

Berbeda dengan ikan asin yang diawetkan dengan garam atau ikan asap yang dikeringkan, ikan pindang tidak mempunyai daya tahan yang lama. Hal ini karena kondisi ikan pindang masih basah dan rentan dihinggapi bakteri. Sehingga ikan pindang harus selalu disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kualitasnya dan ikan tidak mudah rusak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.