Rendang bisa disajikan kapan saja bahkan untuk momen besar sekalipun. Untuk menyimpannya agar tetap awet ENDEUSiast perlu mengetahui tipsnya.

Rendang yang terkenal kelezatannya hingga ke seluruh dunia ini memang bisa disajikan kapan saja pada moment besar sekalipun seperti misal Idul Adha. Pada hari raya tersebut biasanya kita akan mendapatkan daging yang banyak dan rata-rata daging tersebut diolah menjadi makanan rendang.

Tidak mungkin juga bila rendang bisa dihabiskan dalam satu hari, maka dari itu rendang yang tersisa sebaiknya disimpan agar bisa dimakan besoknya. Tetapi namanya juga makanan, pasti akan basi bila tidak cepat dimakan. Nah, bagi ENDEUSiast yang mau menyimpan rendang agar tetap awet dan tidak basi sebaiknya perhatikan tips yang diberikan di bawah ini.

1/ Pemilihan Santan

Untuk membuat masakan rendang agar tidak cepat basi adalah dengan pada pemilihan santannya. Bila kita memasak rendang dari bahan daging yang beli di swalayan maupun pasar tradisional berarti ENDEUSiast harus pintar dalam memilih daging yang berkualitas. Selain dari dagingnya,

ENDEUSiast juga harus bisa memilih santan yang bagus untuk rendang. Sebaiknya jangan menggunakan santan kemasan, pilihlah santan alami karena aromanya lebih tahan lama pada rendang sekalipun sudah disimpan dalam lemari es sekalipun. Untuk mengolah santan pun ada tipsnya tersendiri yang bisa ENDEUSiast lihat di sini.

2/ Memasaknya Hingga Kering

Masakan tersebut baru bisa dikatakan rendang apabila telah benar-benar kering. Selain itu, memasak rendang hingga kering juga menjadi tips untuk membuat masakan khas Padang ini tidak cepat basi. Santan yang dimasak dengan durasi lama akan berubah menjadi minyak sehingga rasa pada rendang lebih gurih dan lezat.

3/ Simpan dalam Wadah

Rendang yang hendak disajikan bisa ENDEUSiast bagi menjadi beberapa porsi sesuai dengan jumlah keluarga. Ketika ENDEUSiast hendak menyimpannya, bisa diletakkan di wadah yang muat untuk rendang. Baru panaskan ketik ENDEUSiast mau menyantapnya lagi. Jangan lupa tutup rapat wadahnya untuk tetap menjaga keawetan dari rendang tersebut sehingga tidak mudah basi juga.

Bila ENDEUSiast ingin menyimpannya, pastikan rendang dalam keadaan dingin terlebih dahulu baru masukkan ke lemari es. Jika ENDEUSiast mau menghangatkannya lagi, rendang dikeluarkan terlebih dahulu dan biarkan mencair dengan suhu ruangan. Barulah ENDEUSiast bisa memanaskannya kembali. Untuk tetap menjaga kelezatan dari rendang, ENDEUSiast bisa menambahkan irisan bawang merah yang sudah ditumis lalu dicampurkan ke dalam rendang.

Itulah beberapa tips untuk menyimpan rendang agar tidak cepat basi. Bila ENDEUSiast mengikutinya secara benar maka rendang dijamin akan awet. Segera pelajari tips di atas dan selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.