Tips Menyimpan Kopi Agar Tahan Lama
Tips Menyimpan Kopi Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Kopi Agar Tahan Lama

Jangan ragu menyimpan kopi karena ENDEUSiast dapat menyimpan kopi namun tetap tahan lama dan segar

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di Indonesia. Ada banyak jenis dan racikan kopi yang ada di Indonesia . Terkadang ENDEUSiast pasti membeli kopi dalam jumlah yang banyak untuk kebutuhan beberapa minggu. Akan tetapi kopi yang terlalu lama disimpan tidak baik. Sebaiknya ENDEUSiast ikuti tips berikut ini supaya kopi yang ENDEUSiast simpan tahan lama dan tetap segar.

1/ Beli Biji Kopi

Jika ENDEUSiast membeli kopi untuk tidak langsung dikonsumsi sebaiknya ENDEUSiast membeli biji kopi. Biji kopi memiliki daya simpan yang lebih lama jika dibandingkan bubuk kopi. Biji kopi dapat disimpan selama dua bulan. Kopi yang masih dalam bentuk biji memiliki aroma dan kesegaran khas yang masih terjaga dengan baik.

Giling secukupnya kopi saat ENDEUSiast ingin minum saja. Jangan giling kopi lalu menyimpannya. ENDEUSiast bisa menggiling kopi dengan alat khusus penggiling kopi. Akan tetapi jika ENDEUSiast tidak memiliki alat penggiling kopi, ENDEUSiast bisa menggunakan dry/grain mill pada blender.

2/ Stok Kopi Hanya Untuk 1 Minggu

Biji kopi memang lebih disarankan karena lebih tahan lama. Akan tetapi, ada beberapa orang yang kurang menyukai biji kopi dan lebih memilih kopi dalam bentuk bubuk. Orang-orang juga beranggapan bahwa membeli biji kopi terlalu ribet karena harus menggiling terlebih dahulu sebelum diseduh. Oleh sebab itu, jika memang ENDEUSiast ingin membeli bubuk kopi maka belilah bubuk kopi dengan kebutuhan minum selama 1-2 minggu. Ingat jangan terlalu lama menyimpan kopi bubuk.

3/ Simpan Dalam Wadah Kedap Udara

Salah satu faktor yang dapat membuat kualitas kopi menurun adalah udara. Oleh sebab itu, biji kopi ataupun kopi bubuk, harus disimpan di dalam sebuah tempat yang kedap udara supaya tetap segar, tahan lama, dan awet aromanya. ENDEUSiast bisa menggunakan wadah berupa toples kaca yang kedap udara yang sering digunakan untuk menyimpan kue kering.

Jika ENDEUSiast tidak mempunyai toples kaca, ENDEUSiast tidak perlu membelinya karena ENDEUSiast bisa menggunakan kemasan asli kopi. Biasanya kemasan asli kopi memiliki segel penutup dan lubang. Segel penutup berfungsi supaya kopi kedap udara, lubang pada kemasan berfungsi membuang gas kopi dan menghalau udara luar untuk masuk ke dalam kemasan.

4/ Tempat Untuk Menyimpan

Selain wadah yang digunakan untuk menyimpan kopi, posisi dimana wadah yang berisi kopi juga perlu diperhatikan. Sebaiknya ENDEUSiast menyimpan kopi di tempat yang sejuk, gelap dan jauh dari benda yang beraroma menyengat. Sebaiknya kopi disimpan dengan rak bersamaan dengan susu bubuk, sirup atau makanan dan minuman yang tidak memiliki aroma yang menyengat karena salah satu sifat kopi adalah menyerap aroma di sekitarnya.

Endeustorial

Ikuti Instagram