Tips Menyimpan Bumbu Giling yang Tepat
Tips Menyimpan Bumbu Giling yang Tepat

Menggunakan bumbu giling menjadi cara yang praktis ketika memasak. Tetapi ENDEUSiast juga perlu memperhatikan cara menyimpan bumbu giling yang benar.

Menggunakan bumbu giling menjadi cara yang praktis ketika memasak. Tetapi ENDEUSiast juga perlu memperhatikan cara menyimpan bumbu giling yang benar.

Terkadang kita malas bila mengolah bumbu masakan terlebih dahulu. Lebih enak bila telah ada bumbu halus yang sudah siap pakai. Ini juga menjadi salah satu cara memasak yang praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Apalagi bagi yang setiap hari harus memasak maka memang lebih praktis bila menggunakan bumbu giling, jadi ENDEUSiast tinggal memasaknya saja.

Bila ENDEUSiast masih punya sisa bumbu giling, jangan langsung dibuang karena mungkin suatu saat pasti akan membutuhkannya lagi. Maka lebih baik disimpan. Nah, untuk penyimpanannya pun diperlukan cara yang khusus. Mau tau caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

Ada 2 cara penyimpanan tergantung dari jenis bumbu giling yang ENDEUSiast punya. Bila bumbu giling basah maka caranya adalah dengan menumis bumbunya. Bumbu yang ditumis dengan menggunakan suhu panas yang cukup sudah mampu membunuh bakteri yang ada. Itu juga bisa membuat bumbu giling basah bertahan lama sekitar 2 hingga 4 minggu. Bila diletakkan di dalam lemari es akan lebih awet lagi yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan.

Jika bumbu giling selesai ditumis, masukkan langsung ke dalam wadah. Pastikan wadah tersebut sudah benar-benar bersih dan kering. Tunggu bumbu giling tadi menjadi dingin baru tutup wadahnya.

Bila bumbu giling yang ENDEUSiast pakai masih mentah maka tidak perlu ditumis. ENDEUSiast bisa langsung memasukkannya ke dalam wadah lalu disimpan di lemari es bagian bawah. Untuk cara penyimpanannya, masukkan bumbu giling mentah tadi ke dalam plastik es transparan. Bisa juga ENDEUSiast bagi menjadi beberapa plastik untuk sekali pakai ketika memasak.

Daya tahan bumbu giling kering bila disimpan di dalam lemari es sekitar 2 hingga 3 hari, akan lebih lama lagi bila disimpan di freezer. Tetapi ketika ENDEUSiast hendak menggunakan bumbu tersebut harus dikeluarkan beberapa jam sebelum dimasak karena bumbu tersebut pastinya sudah berubah menjadi es sehingga membutuhkan waktu untuk kembali seperti bumbu giling awal.

Bagi yang punya bumbu giling kering maka salah satu caranya adalah dengan menjadikannya bubuk. Pertama-tama, ENDEUSiast harus menyangrai bumbu giling kering tersebut hingga tercium aroma harum. Haluskan bumbu keringnya dengan menggunakan blender lalu tinggal masukkan ke dalam wadah khusus. Jangan lupa untuk memberi nama bumbunya agar tidak salah pilih bumbu ketika memasak.

Itulah beberapa cara menyimpan bumbu giling agar lebih tahan lama. Kini memasak apapun lebih praktis dengan menggunakan bumbu giling siap saji seperti misal membuat opor ayam . Selamat mempratekannya di rumah. Semoga bumbu gilingnya bisa awet.

Endeustorial

Ikuti Instagram