Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu dapur di rumah tidak bisa dibiarkan begitu saja karena pasti akan cepat busuk. Untuk menghindarinya, simak tips penyimpanan berikut.

Apakah ENDEUSiast merasa bahwa bumbu dapur di rumah cepat busuk dan rusak? Itu menandakan bahwa ENDEUSiast salah dalam menyimpannya. Walau terdengar sepele tetapi bumbu dapur juga perlu diperhatikan penyimpanannya agar kualitas dari bumbunya tetap terjaga. Bila kualitas bumbu baik maka masakan pun akan menjadi lezat.

Dalam menyimpan bumbu tidak bisa dilakukan sembarangan. Tidak semua bumbu bisa disimpan dengan cara yang sama. Beda jenis bumbunya maka beda pula cara menyimpannya. Maka dari itu sangatlah penting mengetahui tips menyimpan bumbu berdasarkan dari jenisnya. Bagi yang belum tahu mari kita simak tips selengkapnya!

1/ Bumbu Kering

Jenis bahan yang termasuk dalam kategori bumbu kering adalah gula pasir, garam, merica bubuk hingga penyedap rasa. Cara menyimpan bumbu kering terbilang sangat mudah. ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan beberapa wadah khusus seperti kaleng atau toples lalu masukkan bumbu kering tersebut ke masing-masing wadah yang kering. Jangan simpan bumbu kering yang sudah dibuka dengan menggunakan kemasan dari pabriknya karena itu justru akan membuat bumbu menjadi mudah menggumpal.

2/ Bumbu Basah

Ciri-ciri dari bumbu basah adalah mudah berjamur dan busuk bahkan ada yang bisa sampai tumbuh tunasnya lagi bila tidak disimpan dengan baik. Maka untuk menyimpan bumbu basah diperlukan cara khusus agar tidak salah. Bumbu basah terdiri dari cabai, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit dan jahe. Simpan semua bahan tersebut ke dalam wadah yang memiliki lubang sebagai sirkulasi udara lalu letakkan di tempat yang kering. Khusus untuk cabai dan bawang sebelum disimpan ada baiknya disiangi terlebih dahulu.

3/ Bumbu Giling

Terkadang bumbu giling diperlukan dan dijadikan sebagai stok untuk bahan masakan. jadi bila sewaktu-waktu kita membutuhkannya tinggal siap olah, lebih praktis kan? Contoh masakan yang menggunakan bumbu giling seperti soto padang. Nah bila ENDEUSiast ingin menyimpan bumbu giling maka caranya adalah dengan meletakkannya di dalam wadah seperti toples yang kedap udara. Lalu simpan bumbu tersebut di dalam kulkas.

Cara penyimpanan tersebut mampu membuat bumbu giling menjadi awet dan terjaga kualitasnya. Bila ENDEUSiast ingin bumbu gilingnya awet lebih lama lagi maka tumis bumbu menggunakan minyak hingga setengah matang baru masukkan ke dalam toples. Tunggu bumbu dingin dahulu baru masukkan ke dalam kulkas, karena akan membuat kulkas bekerja ekstra untuk membuat udara yang panas berubah menjadi dingin. Inilah yang menyebabkan kulkas cepat rusak.

Kini ENDEUSiast sudah tau tipsnya dan mulai bisa langsung menyimpan masing-masing bumbu berdasarkan cara penyimpanan yang benar, demi menjaga kualitas dari bumbu itu sendiri.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.