Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Suhu kulkas seharusnya dijaga agar selalu optimal sehingga makanan tetap segar. Berikut kiat bagaimana menjaga suhu kulkas tetap dingin.

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Pada saat musim panas tentu ENDEUSiast ingin mengkonsumsi yang dingin-dingin seperti es campur , jus dan sebagainya. Minuman-minuman yang dingin tentu membutuhkan es dan air yang dingin. ENDEUSiast bisa membuat es dengan membekukan air pada freezer kulkas. Selain untuk membekukan air, kulkas berfungsi untuk membuat bahan makanan lebih awet atau tidak cepat busuk. Kulkas berusaha menjaga kondisi di dalam kulkas supaya tetap memiliki suhu yang dingin. Karena suhu yang dingin dapat memperlambat pertumbuhan bakteri pada bahan makanan sehingga lebih tahan lama. Berikut ini tips supaya pengaturan suhu di kulkas agar tetap dingin.

1/ Letakkan Kulkas Jauh Dari Peralatan Dapur Bersuhu Panas

Jika dapur ENDEUSiast cukup luas, aturlah supaya posisi kulkas berada jauh pada benda-benda yang menghasilkan panas seperti kompor dan oven. Jika kompor atau oven ditaruh di dekat kulkas, maka kulkas akan berusaha keras untuk menjaga suhunya agar tetap dingin. Hal ini akan berdampak buruk pada kulkas karena dapat menyebabkan kulkas cepat rusak. Selain itu biaya tagihan listrik akan meningkat karena kulkas menghasilkan suhu dingin dengan menggunakan energi listrik.

2/ Jangan Terlalu Sering Membuka Kulkas

Sebaiknya buka kulkas saat ingin mengambil atau menyimpan makanan saja. Membuka tutup kulkas dapat menyebabkan bakteri yang berada di luar kulkas bisa masuk ke dalam kulkas. Selain itu, jika ENDEUSiast membuka kulkas, maka udara luar yang memiliki suhu yang lebih tinggi dari suhu di dalam kulkas akan masuk ke dalam kulkas. Hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan suhu di dalam kulkas sehingga kulkas berusaha keras untuk mempertahankan suhu dinginnya.

3/ Taruh Botol Berisi Air

Jika ada area kosong pada kulkas sebaiknya ditaruh botol yang berisi air. Botol yang berisi air dapat berfungsi menyimpan suhu sehingga membantu kulkas untuk mempertahankan suhu dinginnya.

4/ Menutup Wadah Makanan Rapat

Usahakan menyimpan makanan dengan wadah dan ditutup dengan rapat. Jika makanan yang disimpan di dalam kulkas dibiarkan terbuka, maka kelembaban makan tersebut dapat mempengaruhi kelembaban di dalam kulkas. Selain mempertahankan suhu yang dingin, kulkas berfungsi untuk mengeliminasi kelembaban. Selain membuat kulkas bekerja lebih keras, tidak menutup makanan dengan rapat dapat menyebabkan kulkas menjadi bau.

5/ Membersihkan Bantalan Karet Rutin

Mungkin selama ini ENDEUSiast kurang memperhatikan bantalan karet pada pintu kulkas. Jika bantalan karet kulkas tidak rajin dibersihkan, maka kotoran dan debu akan menempel pada karet sehingga pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat dan udara bisa masuk dan keluar melalui sela-sela karet yang tertempel debu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.