Tips Mengolah Oatmeal Agar Nggak Bosan
Tips Mengolah Oatmeal Agar Nggak Bosan

Pernah bosan makan oatmeal karena diolah dengan cara yang itu-itu aja? Coba yuk intip berbagai olahan oatmeal biar nggak bosan.

Oatmeal adalah salah satu sumber karbohidrat sehat yang bisa digunakan untuk mengganti nasi. Biasanya oatmeal dikonsumsi untuk sarapan. Berbeda dengan nasi, oatmeal mempunyai cara penyajiannya sendiri.

Umumnya, oatmeal disajikan dengan cara dibuat menjadi bubur atau diseduh dengan susu kemudian dimakan dengan toping buah-buahan. Bila terus menerus disajikan dengan cara ini, kita mungkin akan cepat bosan dalam mengonsumsi oatmeal.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengonsumsi oatmeal yang bisa digunakan sebagai variasi biar nggak bosan. Kita bisa mengolah oatmeal dengan beberapa cara berikut ini.

1. Remahan oatmeal

Bila kita biasanya menggunakan tepung roti untuk melapisi gorengan, kita bisa menggantinya dengan oatmeal. Tepung roti atau remahan roti cenderung mengandung sodium yang tinggi sehingga menggantinya dengan oatmeal adalah pilihan yang tepat.

kita bisa membalut potongan ayam atau udang dengan telur kemudian gulingkan dengan oatmeal. Goreng ayam dengan oatmeal hingga matang. Bila ingin lebih sehat, kita bisa memanggang ayam atau udang dengan oatmeal ini untuk meminimalkan kandungan minyak.

2. Overnight oatmeal

Bila kita malas membuat oatmeal ketika pagi hari, atau takut nggak sempet menyiapkan sarapan sewakti pagi, kita bisa membuatnya pada malam hari. Overnight oatmeal adalah salah satu cara menyajikan oatmeal dengan cara yang menyegarkan.

Kita cukup menyeduh oatmeal dengan susu lengkap dengan toping nya seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Kemudian simpan oatmeal dalam kulkas selama semalaman. Pagi hari, kita bisa menyantap overnight oatmeal yang segar sebelum beraktivitas.

2. Oat bar

Breakfast oat bar adalah salah satu camilan sehat yang bisa kita buat dari oatmeal. Camilan yang satu ini cukup mudah dibuat. Kita bisa mencampur oatmeal dengan maple sirup atau madu kemudian tambahkan kurma dan selai kacang.

Bila suka kita juga bisa menambahkan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Camilan yang satu ini bisa dibuat dalam jumlah yang banyak kemudian simpan dalam wadah kedap udara. Meskipun sehat, namun konsumsi makanan yang satu ini nggak boleh berlebihan karena mengandung gula.

3. Smoothies

Smoothies menjadi salah satu pilihan sarapan bagi banyak orang. Agar lebih kaya serat, kita bisa menambahkan oatmeal ke dalam smoothie sebagai tambahan energi yang besar. Kita bisa menambahkan juga buah-buahan seperti alpukat, buah beri, pisang beku, dan sebagainya. Perpaduan bahan makanan yang sehat sangat cocok untuk camilan sebelum berolahraga.

4. Pancake

Pancake adalah camilan yang banyak disukai karena proses pembuatannya yang sangat mudah. Agar lebih sehat, kita bisa mengganti tepung terigu dengan oatmeal. Oatmeal pancake ini bisa disajikan dengan potongan buah, sirup maple, ataupun es krim. Penambahan oatmeal pada pancake memberikan tambahan serat yang bagus untuk kesehatan.

Endeustorial

Ikuti Instagram