Tips Mengolah Ayam Tanpa Minyak Namun Tetap Nikmat!
Tips Mengolah Ayam Tanpa Minyak Namun Tetap Nikmat!

Ayam tidak harus melulu digoreng. Selain lebih sehat, mengolah ayam yanpa minyak banyak juga bisa tetap terasa nikmat! Penasaran apa saja caranya? (Dok. Shutterstock)

Ayam tidak harus melulu digoreng. Selain lebih sehat, mengolah ayam yanpa minyak banyak juga bisa tetap terasa nikmat! Penasaran apa saja caranya?

Siapa yang tidak suka dengan masakan yang digoreng, apalagi ayam goreng. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua masakan goreng memang sangat menggoda selera, apalagi bila dilengkapi dengan lalapan dan sambal. Dijamin ENDEUSiast pasti nambah.

Teknik menggoreng termasuk dalam teknik memasak yang mudah. Tetapi tidak semua masakan yang digoreng itu baik untuk kesehatan tubuh karena didalam minyak terdapat kandungan kolestrol yang sangat tinggi. Tidak baik dikonsumsi oleh penderita kolestrol. Maka dari itu, untuk mensiatsatinya, ENDEUSiast bisa mengolah ayam menjadi makanan yang sehat dan lezat tanpa mengandalkan minyak goreng.

1/ Menumis Tanpa Minyak

Selama ini ENDEUSiast pasti menggunakan minyak untuk menumis bahan masakan. Tetapi, bila ENDEUSiast ingin masakan yang sehat, sebaiknya hindari penggunaan minyak pada saat menumis bahan. Teknik memasak yang satu ini dinamai sauteeting yang artinya proses menumis bahan dengan menggunakan sedikit minyak atau tidak sama sekali.

Lalu bagaimana bisa bahan matang jika tidak menggunakan minyak? tenang, ENDEUSiast bisa menggantinya dengan air kaldu sisa rebusan ayam atau air biasa. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali agar tumisan tidak gosong.

2/ Memasak Menggunakan Rice Cooker

Setiap rumah pasti menggunakan rice cooker. Ya, alat memasak nasi ini memang hampir bisa ditemukan disetiap rumah karena fungsinya yang mengubah beras menjadi nasi. Selain itu, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak segala macam masakan tanpa membutuhkan minyak. Jika memasak menggunakan rice cooker, ENDEUSiast tidak perlu menunggunya. Cukup cek sesekali dan aduk masakan hingga benar-benar matang.

3/ Dijadikan Pepes Ayam

Diolah menjadi masakan pepes ayam, bisa menjadi alternative bagi ENDEUSiast yang masih bingung mencari cara mengolah ayam tanpa harus membutuhkan minyak.

Pepes ayam yang dimasak dengan cara dikukus dipercaya mampu untuk menjaga kandungan nutrisi yang terdapat dalam ayam. Untuk mengetahui resep membuat pepes ayam, ENDEUSiast bisa melihatnya di sini .

4/ Dimasak dengan Cara Dipanggang

Jika tadi teknik memasak yang digunakan adalah dikukus maka beda lagi dengan masakan yang satu ini yaitu dengan cara dipanggang. Teknik memasak yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. ENDEUSiast tidak akan perlu minyak atau bahan sejenisnya untuk membakar ayam. Cukup bumbui saja ayamnya lalu panggang hingga matang.

Demikianlah informasi mengenai tips mengolah ayam tanpa minyak yang bisa ENDEUSiast coba. Tertarik untuk membuatnya sekarang? Selamat mencoba.

Endeustorial

Ikuti Instagram