Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ingin makan ayam goreng yang renyah dan tidak keras? Yuk ikuti tips menggoreng ayam di bawahini supaya ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ayam goreng merupakan makanan yang disukai banyak orang di seluruh dunia dan dari berbagai kalangan usia. Apalagi ketika dimakan ada bunyi keriuk yang menambah kenikmatan. Namun membuat ayam goreng yang renyah dan tidak keras itu tidak mudah, tapi tetap bisa dilakukan. Terkadang kita sudah menyiapkan berbagai bumbu yang pas namun hasil ketika memasak tidak sesuai harapan. ENDEUSiast pasti menginginkan ayam goreng yang renyah di luar namun lembut di dalam.

Beberapa orang lebih memilih membeli ayam goreng saja karena hasil masakan tidak sesuai dengan keinginan. Sebenarnya memuat ayam goreng yang renyah dan tidak keras itu tidak sulit. Hanya saja mungkin ENDEUSiast melupakan hal-hal sepele yang mungkin dapat membuat masakanmu jadi gagal. Berikut ini merupakan tips menggoreng ayam supaya renyah dan tidak keras.

1/ Tusuk daging menggunakan tusuk gigi atau garpu

Sebelum digoreng atau dibumbui, daging ayam yang masih mentah sebaiknya ditusuk-tusuk menggunakan tusuk gigi. Biasanya daging ayam bagian dada memiliki daging yang seratnya keras. Oleh sebab itu, tusuk-tusuklah beberapa bagian pada daging ayam tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya daging ayam lebih lembut sehingga tidak keras saat digoreng. Selain itu, lubang-lubang pada daging ayam dapat membuat daging ayam menyerap bumbu lebih maksimal. Sehingga rasa ayam goreng tidak hanya dibagian luar daging saja.

2/ Menggoreng dengan minyak yang baru dan banyak

Menggoreng ayam membutuhkan minyak yang banyak. Daging ayam yang digoreng, seluruh bagiannya harus terendam oleh minyak. Hal tersebut dilakukan supaya daging matang secara merata. Minyak goreng yang digunakan juga harus baru. Minyak goreng yang telah digunakan untuk menggoreng berkali-kali tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jika ENDEUSiast menggunakan minyak goreng bekas maka sering kali terdapat sia-sisa makanan yang sebelumnya digoreng. Sisa-sisa makanan tersebut terkadang sudah berwarna cokelat bahkan hitam dan gosong. Jika sisa-sisa makanan tersebut menempel pada ayam goreng ENDEUSiast maka dapat membuat ayam goreng ENDEUSiast berwarna gelap dan memiliki rasa yang pahit.

3/ Pastikan api stabil

Sebelum menggoreng ayam, panaskan terlebih dahulu minyak menggunakan api sedang. Ketika minyak telah panas maka masukan ayam. Jangan menggunakan api yang besar saat menggoreng ayam. Api yang besar dapat menyebabkan daging ayam menjadi liat, dan bagian dalam kurang matang. Api yang sedang dapat membuat ayam masak secara merata dan tidak mudah gosong. Pastikan api stabil untuk menjaga panas dalam minyak dengan suhu yang sama selama proses memasak.

4/ Goreng menggunakan margarin

Jika ENDEUSiast ingin membuat ayam goreng hanya untuk konsumsi pribadi atau menggoreng ayam goreng dalam jumlah yang sedikit, maka ENDEUSiast dapat menambahkan margarin pada minyak saat menggoreng . Menggoreng dengan tambahan margarin dapat membuat ayam goreng ENDEUSiast lebih gurih dan memiliki aroma yang sedap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.