Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Basuh buah stoberimu dulu yuk agar sehat sebelum dimakan atau dimasak. Mau tahu cara efektifnya? Simak tips berikut ini!

Buahnya kecil, bentuknya mengerucut kebawah, warnanya merah dengan totol-totol mini berwarna krem, buah apakah itu? Ya! Stroberi! Apakah ENDEUSiast menyukai buah satu ini? Buah ini kebanyakan dibudidayakan di daerah pegunungan, namun ENDEUSiast tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk memperolehnya. Sekarang stroberi banyak tersedia di toko buah atau supermarket di dekatmu kok.

Bagaimanapun juga, sebelum menyantap buah ini, tentunya ENDEUSiast ingin memastikan makanan yang masuk ke tubuh merupakan makanan yang bersih. Maka dari itu ENDEUSiast perlu mencuci buah stroberi dengan baik sebelum memakannya.

1/ Cuci Saat akan diolah

Pertama-tama, perlu ENDEUSiast ketahui bahwa jangan mencuci buah stroberi jika ENDEUSiast belum berniat memakannya atau mengolahnya menjadi makanan seperti smoothies atau bahkan es buah .

Buah stroberi memiliki tekstur seperti spons yang bisa menyerap banyak kelembaban sebanyak mungkin. Artinya, jika ENDEUSiast mencucinya dan menyimpannya kembali, bisa jadi stoberimu malah membusuk lebih cepat.

2/ Cuci dengan Air Dingin

Jika ENDEUSiast membeli langsung dari petani atau memetik langsung, cucilah secara sederhana.

Gunakan air dingin yang mengalir lalu angkat dan keringkan. Setelahnya, ENDEUSiast sudah siap menggunakan stroberi untuk berbagai olahan atau langsung dimakan.

3/ Cuci dengan Cuka

Jika ENDEUSiast membeli stoberi dari toko atau supermarket, apalagi jika stoberi ditumbuhkan menggunakan pestisida, mungkin ENDEUSiast harus memikirkan kembali menggunakan cara ini sebelum mengkonsumsinya.

Stroberi adalah satu diantara sekian banyak dari tanaman yang paling tinggi disemproti dengan pestisida. Tentunya ENDEUSiast tidak mau pestisida yang tersemprot pada stoberi malah ikut masuk dalam tubuhmu dan orang-orang kesayangan bukan? Apalagi perjalanan stroberi dari petani ke rak di supermarket sangat panjang. Stoberi ini sudah ditangani oleh banyak orang dan terakspos keberbagai kondisi. Memberikan perhatian ekstra dalam mencucinya tentu tidak salah bukan?

Selain itu, agar membuat bahan kimia dalam stroberi menghilang dengan sempurna, gunakan air dingin dan vinegar/cuka secara bersamaan. Siapkan 2 baskom dan rendam stroberi dalam cuka dan air dengan perbandingan 1: 4 selama kurang lebih 20 menit. Kemudian cuci stroberi dengan air dingin yang bersih dan keringkan.

ENDEUSiast tidak perlu cemas karena cuka tidak akan terasa atau berbau ketika ENDEUSiast memakan stroberi.

Mungkin saking enaknya buah satu ini, ENDEUSiast jadi lupa untuk mencuci dan menyegerakan untuk disantap. Tapi ingatlah bahwa manfaat sehat dari stroberi tidak akan didapatkan secara maksimal jika ENDEUSiast tidak membersihkannya terlebih dahulu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.