Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sajian ayam yang sering ENDEUSiast temukan biasanya berupa ayam goreng atau bakar. Sensasi berbeda dari ayam bisa didapatkan saat diolah jadi rendang.

Rendang merupakan salah satu kuliner khas Padang yang kaya akan bumbu dan rempah. itulah yang juga menjadi salah satu alasan rendang bisa diterima hingga ke mancangeara. Rendang tidak hanya bisa disajikan pada perayaan besar saja tetapi juga bisa ENDEUSiast oleh menjadi menu masakan sehari-hari.

Hidangan yang mendapatkan peringkat pertama dalam urutan makanan terenak di dunia ini biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Namun bila ENDEUSiast ingin yang berbeda bisa mencoba menggantinya menjadi daging ayam. Sekalipun harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan daging sapi tetapi soal rasa dan kelezatan tidak akan tertandingi.

Penasaran gimana cara membuat rendang ayam yang lezat? Mari simak tipsnya di bawah ini.

1/ Pilih Ayam Kampung

Ada banyak jenis ayam yang dijual dipasaran mulai dari ayam negeri hingga ayam kampung, tergantung dari masakan yang akan dibuat. Untuk membuat rendang ayam akan lebih tepat bila memilih jenis ayam kampung. Selain teksturnya yang lebih keras dan padat, rasanya pun lebih gurih bila dibanding jenis ayam negeri.

2/ Menyiapkan Bahan dan Bumbu

Dalam proses pembuatan rendang terdapat bumbu yang harus dihaluskan untuk memberikan rasa pada sajian ayam yang satu ini. Beberapa bahan yang harus dihaluskan diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, lengkuas, dan cabai merah.

Bila ENDEUSiast tidak terlalu suka pedas maka bisa hilangkan biji pada cabai. ENDEUSiast hanya gunakan kulitnya saja sebagai pemberi warna merah pada masakan rendang ayam ENDEUSiast.

Untuk memberikan rasa yang sedikit asam pada rendang, bisa gunakan pemberi rasa asam alami yaitu asam kandis. Bahan yang satu ini terkenal di Sumatera sebagai pemberi citra rasa yang khas disetiap masakan, salah satunya adalah rendang. Masak asam kandis bersamaan dengan lengkuas, daun serai, daun rempah-rempah, cengkes dan kayu manis. Campurkan juga bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masak hingga muncul aroma pada masakan.

3/ Menggunakan Santan

Rendang memang identik dengan bahan santan. Apalagi bila yang ENDEUSiast masak adalah ayam kampung yang sulit untuk empuk. Bila ayam masih belum empuk, ENDEUSiast bisa menambahkan air santan secukupnya. Diamkan hingga ayam benar-benar empuk, tetapi jangan sampai hancur.

Gunakan api kecil agar ayam dapat matang dan empuk dengan sempurna serta bumbunya pun bisa terserap.

Itulah beberapa tips untuk membuat rendang ayam yang lezat. Ingin varian rendang lainnya, mungkin bisa mencoba rendang telur . Hidangan ini bisa ENDEUSiast nikmati untuk sajian makan bersama keluarga maupun ketika piknik bersama anak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.