Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Nasi Onigiri khas Jepang ini membutuhkan teknik khusus pada proses pembuatannya agar hasilnya rapih dan terlihat cantik. Berikut ini adalah tipsnya.

Bosan dengan cara makan nasi putih yang itu-itu aja? Coba untuk membuat kreasi unik dari nasi putih. Ada banyak pilihan, salah satunya adalah nasi onigiri. Nasi yang berasal dari Jepang ini bentuknya seperti segitiga yang dikepal sehingga tampilannya terlihat lucu dan unik. Ditambah dengan nori yang membuat nasi kepal ini terlihat cantik.

Bila kita melihat proses pembuatannya, mungkin berpikir bahwa nasi ini mudah dibuat. Tetapi kenyataannya tidak semudah itu karena diperlukan teknik khusus dalam membentuknya menggunakan tangan agar bentuk segitiganya rapih.

Kegagalan yang sering terjadi pada saat pembuatan nasi onigiri adalah nasinya menjadi buyar dan sulit untuk membuatnya menjadi menempel sempurna. Apakah pernah mengalaminya? Supaya tidak terulang lagi mari intip tips sukses membuat nasi onigiri di bawah ini!

1. Pemilihan beras

Beras yang digunakan untuk membuat nasi onigiri berbeda dengan beras yang biasa kita makan. Berhubung nasi onigiri akan dibentuk menjadi segitiga serta dipadatkan maka beras yang cocok adalah jenis japonica . Ciri khas dari beras japonica adalah teksturnya yang lebih lengket sehingga bisa membuat nasi ala Jepang ini lebih mudah ketika dipadatkan.

Namun, jika kesulitan mencari jenis beras ini maka alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan beras putih dengan beras ketan.

2. Membasahi telapak tangan

Ketika hendak membentuk nasi onigiri, keadaan tangan harus dalam keadaan basah. Proses pembentukan nasi onigiri dengan menggunakan tangan basah dapat membuat nasi menjadi tidak lengket di tangan dan membuat bentuk onigiri terlihat lebih rapih.

3. Jangan isi onigiri terlalu banyak

Sebelum masuk ke tahapan pengisian onigiri, kita harus membuat nasi menjadi padat terlebih dahulu, caranya bisa dengan dikepal. Tujuannya adalah untuk menghindari nasi menjadi berantakan.

Jika nasi onigiri sudah berbentuk padat maka kamu bisa mulai untuk mengisinya dengan bahan yang sesuai selera. Isian dari onigiri beragam, bisa diisi dengan tuna mayo, tumis ayam, telur dadar hingga abon sapi.

Pada saat pengisian onigiri jangan terlalu banyak ya, dikhawatirkan justru dapat membuat isiannya keluar dan merusak tampilan onigiri. Jika sudah diisi maka bisa langsung mengepalkannya lagi agar isiannya tertutup dengan sempurna. Pastikan nggak ada isian yang terlihat dari luar nasi.

4. Menggunakan cetakan

Rasanya sulit bila harus membentuk nasi onigiri menjadi segitiga tanpa bantuan alat apa pun. Untuk membuat bentuk onigiri menjadi rapih dan simetris, disarankan untuk menggunakan cetakan khusus yang banyak dijual di pasaran.

Selain tampilannya yang simetris, membentuk onigiri menggunakan cetakan khusus juga dapat mempersingkat waktu. Lalu bagaimana bila nggak punya cetakan khusus? Jangan khawatir, kita bisa menggunakan plastik makanan. Mudah kan?

Mungkin kamu tertarik untuk membuat nasi goreng onigiri ? Cocok dijadikan sebagai bekal si kecil.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya