Membuat nasi goreng menggunakan rice cooker sangat praktis dan mudah. Yuk, ikuti tipsnya.

Salah satu makanan khas nusantara adalah nasi goreng. Sajian ini begitu disenangi karena rasanya lezat dengan bumbu rempah nikmat. Lebih lagi, aroma nasi goreng begitu menggugah selera makan orang-orang yang menciumnya. Di Indonesia, memiliki banyak variasi nasi goreng yang tersebar di seluruh nusantara. ENDEUSiast bisa intip deretan nasi goreng unik a di sini . Buat ENDEUSiast yang mau membuat nasi goreng tapi ENDEUSiast nggak punya kompor, tenang aja. Endeus.tv sudah siapin tips membuat nasi goreng tanpa kompor.

Bisa ya? Bisa dong! ENDEUSiast hanya memerlukan rice cooker untuk menggantikan kompor sekaligus wajan untuk menggoreng nasi. Mau tahu tipsnya? Baca sampai habis ya.

1/ Bahan utama

Kita semua pasti tahu kalau bahan utama nasi goreng adalah nasi. Biasanya kita menggunakan nasi yang dimasak dari beras pera. Nasi dari beras pera tidak terlalu pulen dan lembek. Saat membuat nasi goreng menggunakan rice cooker , bahan utama yang diperlukan bukanlah nasi yang sudah matang melainkan beras. Pilih beras pera untuk membuat nasi goreng menggunakan rice cooker . Takarlah sesuai kebutuhan dan keinginanmu ya.

2/ Pakai minyak goreng atau mentega?

Jika kita memasak menggunakan wajan, kita terkadang menggunakan minyak untuk menggoreng bumbu dan nasi. Minyak goreng juga bisa diganti menggunakan mentega. Bagaimana kalau kita memasak menggunakan rice cooker ? ENDEUSiast bisa memilih antara keduanya karena fungsinya sama. Bila ingin lebih sehat, ENDEUSiast bisa menggunakan minyak zaitun. Bila ENDEUSiast ingin nasi goreng terasa lebih nikmat, mentega adalah pilihan yang terbaik.

3/ Cara Memasak

ENDEUSiast perlu memanaskan rice cooker terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk memproses makanan. Caranya tekan ke tombol cooking , tunggu hingga tombol kembali ke mode heating . Selanjutnya masukkan minyak atau mentega secukupnya ke dalam rice cooker diikuti dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun bawang. Aduk-aduk sampai wangi dan layu.

4/ Topping

Setelah ENDEUSiast menumis bumbu, ENDEUSiast bisa memasukkan isian ke dalam rice cooker terlebih dulu. Sebaiknya menuang bahan satu persatu agar suhu rice cooker tetap panas. Pertama, masukkan topping yang bukan merupakan sayuran seperti sosis, ayam, atau telur. Aduk sampai matang, lama memasak hingga matang tergantung dengan banyaknya bahan yang dituang. Setelah itu, ENDEUSiast baru boleh memasukkan sayuran seperti jagung, wortel, atau buncis. Aduk hingga rata.

5/ Tips memasukkan beras

Sebelum memasukkan beras, ENDEUSiast harus mencucinya terlebih dahulu. Jangan merendam beras supaya vitamin B dalam beras tidak larut dalam air rendaman. Cuci beras hingga tidak ada sekam dan kotoran. Setelah itu, masukkan ke dalam rice cooker dan aduk hingga rata. Selanjutnya, tuang air dengan perbandingan 2 : 1 dengan beras yang ENDEUSiast gunakan. Tutup rice cooker dan tekan tombol cooking . Tunggu selama 30 menit atau sampai tombol kembali ke mode warming .

Setelah itu, bukalah tutup rice cooker . Voila ! Nasi goreng rice cooker sudah matang. Mudah bukan? Jangan lupa aduk-aduk nasi gorengmu agar tidak lengket di dasar rice cooker . ENDEUSiast bisa menyajikannya dengan kerupuk dan acar agar semakin nikmat. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.