Mendengar nama bakso apa yang ada dipikiran kamu? Pastinya terbayang sebuah hidangan berupa bola-bola daging yang kenyal.

Bakso merupakan hidangan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Salah satu bakso yang menjadi pilihan adalah bakso krikil. Rasanya yang lezat dan gurih dengan teksturnya yang kenyal membuat banyak orang yang mencoba membuatnya dirumah.

Untuk menghasilkan tekstur yang kenyal ternyata dibutuhkan teknik khusus agar tidak menghasilkan bakso yang lembek. Sayangnya tidak semua orang mengetahui caranya bahkan ada oknum nakal yang justru menambahkan boraks ke dalam adonan bakso agar teksturnya lebih kenyal.

Berikut di bawah Ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat bakso krikil yang kenyal dirumah dengan menggunakan bahan yang aman dikonsumsi.

1/ Menentukan Perbandingan Bahan

Untuk bisa mendapatkan tekstur bakso krikil yang kenyal, ENDEUSiast harus bisa menentukan perbandingan bahan yang tepat untuk adonan bakso. Sebagai panduannya, ENDEUSiast bisa menggunakan perbandingan 4:1 antara daging giling sapi dan tepung khusus bakso. Setelah itu aduk hingga adonan merata.

2/ Tambahkan Air Es

Jika adonan bakso sudah tercampur dengan rata maka langkah selanjutnya adalah menambahkan air sebagai campuran pada bahan bakso. Penambahan air es ke dalam adonan bakso bertujuan untuk membuat bakso memiliki tekstur yang bagus dan tidak mudah rusak. ENDEUSiast juga bisa menggunakan es batu sebagai campurannya.

Hanya saja sebelum es batu dicampurkan ke dalam adonan, ENDEUSiast harus menyerut es tersebut hingga halus.

3/ Menambahkan Baking Soda

Meskipun ENDEUSiast sudah memastikan bahwa takaran bahan yang digunakan sudah pas. Namun, terkadang tetap saja terjadi kesalahan kecil yang membuat bakso menjadi lembek atau bahkan hingga hancur. Untuk mengantisipasinya, ENDEUSiast bisa menambahkan sedikit baking soda yang telah dilarutkan ke dalam adonan bakso.

Jika tidak mau menggunakan baking soda, ENDEUSiast bisa menggantinya dengan larutan agar-agar. Kedua bahan tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menjaga tekstur kenyal pada bakso krikil yang dibuat.

4/ Rendam di Air Hangat

Setelah adonan jadi, ENDEUSiast tinggal membuat cetakan bakso dengan menggunakan sendok. Berhubung ENDEUSiast ingin membuat bakso krikil maka ukurannya diperkecil dari bakso biasanya.

Jika adonan telah selesai dicetak maka selanjutnya rendam di air hangat. Ingat, jangan gunakan air panas karena justru akan membuat bakso hancur. Rebus bakso hingga semuanya terapung.

5/ Rendam di Air Es

Setelah matang, masukkan bakso ke dalam air es dan rendam selama 5 menit. Merendam bakso di air es bertujuan untuk memberikan tekstur kenyal pada bakso lebih lama. Bakso pun siap di hidangkan

Itulah tips membuat bakso krikil kenyal dirumah. ENDEUSiast juga bisa mengkreasikannya menjadi masakan yang berbeda seperti misal bakso bakar bumbu kacang . Jadi bakso tidak melulu yang berkuah, semua tergantung dengan selera ENDEUSiast.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.